H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H.

Anggota Kopolnas

Mohammad Dawam, merupakan anak ke-7 dari delapan bersaudara buah pernikahan dari pasangan (Alm) Bapak Sukardi Sodikromo dengan (almh) Ibu Siti Masriah Bintu Kyai Mas’ud (Allahu Yarhamhumaa). Lahir di Pati, JawaTengah, tepat hari: Sabtu, 17 Januari 1976. Ia mengawali dunia pendidikan di Pesantren Mathaliul Huda dan Perguruan Islam Mathali’ul Falah, Kajen, Margoyoso, Pati. Selanjutnya menempuh pendidikan dengan Beasiswa Penuh dari Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta, melalui Lembaga Pendidikan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta hingga menempuh jenjang Diploma Umum (Ad-Diblum Al-‘Amm) pada tahun 2000. Pendidikan S1 ditempuh di IAIA Jakarta dan dilanjutkan S2 Magister Ilmu Hukum di Universitas Mpu Tantular Jakarta.

Beberapa karya terjemah secara free lance dan tulisannya bergenre agama dan sosial di antaranya adalah: 1). Buku Terjemah “Rahasia Pria & Wanita”, Pustaka Azzam, Jakarta, 1999; 2). Buku Terjemah “Serat-serat Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah” (Seri Tesis yang Mengupas Pokok Pikiran Imam Asy’ari), Pustaka Azzam, Jakarta, 2001; 3). Buku Suntingan “Membunuh Orang Murtad: Sebuah Kejahatan Agama”, Pustaka NIQAS, Jakarta, 2002; 4). Penulis Buku “Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA: NU Sejak Lahir”; Dari Pesantren untuk Bangsa, Kado Buat Kyai Said, SAS Center, Jakarta, 2010; 5). Penulis Buku “Smart Nikah” (Cinta, Seks, Fiqh, dan Motivasi Hidup: Desain Pasangan Harmonis), Jagad Wacana Press, Jakarta, 2011; 6). Penulis Tesis “Peranan Komisi Informasi Dalam Mendorong Tata Kelola Pemerintahan Yang Transparan Dalam Sistem Ketatanegaraan Pasca Perubahan UUD 1945”. Tesis ini  telah diseminarkan pada 09 November 2015.

Pada periode 2004-2009, ia berkhidmah sebagai Wakil Sekretaris PP LTN-NU (Lembaga Pengembangan Informasi dan Publikasi Nahdlatul Ulama). Pada periode ini juga sekaligus mendapat amanah sebagai Pelaksana Program pada Biro Kerjasama Beasiswa PBNU untuk Timur Tengah dan berhasil mengirim kader-kader Nahdlatul Ulama dari berbagai wilayah di Indonesia di antaranya ke Universitas Internasional Afrika, Sudan; ke Hauzah Ilmiah Qom, Iran; Kuliah Dakwah Islamiyah Tripoli, Libya; Universitas Syeikh Ahmad Kaftaro Damaskus, Syria; Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia dan Universitas Al-Qarawiyyin, Maroko. Saat ini para alumninya telah menyebar mulai S1, S2, hingga Doktor di berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan pada lapangan pengabdian di masyarakat.

DiPP. LTN-NU berlanjut pada periode berikutnya: 2009-2014. Sejak periode 2014hingga sekarang tercatat sebagai Wakil Sekretaris Lembaga Wakaf dan PertanahanNahdlatul Ulama (LWP-NU). Pada tahun 2009, secara khusus diminta Prof. K.H.Said Aqil Siroj, M.A., menghadiri undangan Presiden Libya, (alm) Moammar Qaddafibersama elemen Ormas Islam Indonesia dan tokoh-tokoh Dunia Islam pada acaraperingatan “The  International Celebration of Maulidurrasuul”.Pada tahun 2010 ditugaskan oleh Negara sebagai Panitia Penyelenggara IbadahHaji (PPIH) Indonesia yang diterjunkan di Daerah Kerja Makkah Al-Mukarramah,Saudi Arabia.

GusDawam, sapaan akrab diantara rekannya tercatat sebagai Anggota Komisi InformasiProvinsi DKI Jakarta Periode 2012 – 2016 berdasar Keputusan Gubernur Nomor:157/2012 dan Periode 2016 – 2020 berdasar Keputusan Gubernur Nomor: 301 Tahun2016 dan Keputusan Gubernur Nomor:  493Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Anggota Komisi Informasi ProvinsiDKI Periode Tahun 2016 – 2020 dan yang juga telah mengundurkan diri sebagaiAnggota Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta tertanggal 24 Agustus 2020setelah ditetapkannya sebagai Anggota Komisi Kepolisian Nasional Periode2020-2024 berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/M Tahun 2020Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Keanggotaan Komisi KepolisianNasional.

Ia terpilih dan mendapat amanah sebagaisalah satu Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dari unsur tokohmasyarakat periode 2020-2024. Di sela-sela tahun 2012, ia telah mengantongi ijinsebagai Mediator Bersertifikat: Mediator IndonesianInstitute for Conflict Transformation (IICT-Universitas Indonesia)terakreditasi Mahkamah Agung RI. Saat di Komisi Informasi Provinsi DKI Jakartasudah ratusan Sengketa Informasi Publik yang berhasil dilakukannya denganproses Mediasi. Ia dapat dihubungi melalui kanal kontak personal: 0812-1310-0976atau via email: [email protected].  


H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H.