Poengky Indarti, S.H., LL.M.

Anggota Kompolnas

Anggota Kompolnas Mewakili Tokoh Masyarakat.


Poengky Indarti alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya, Angkatan 1989. Beliau memulai dunia perpolitikan dan pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya periode 1993-2000, Poengky mendapatkan jabatan pertama pada tahun 1998 sebagai Wakil Direktur Bidang Operasioal. Selain mengabdi di LBH Surabaya, Poengky juga dikenal sebagai pengacara yang mengangkat isu-isu tentang penindasan masyarakat di Surabaya.

Pada tahun 2000, Poengky pindah ke Jakarta. Beliau melanjutkan karier di bidang yang sama, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH). Poengky tetap konsisten dengan perjuangan yang telah dirintisnya, beliau mengurusi problematika dan dilema yang dihadapi oleh para buruh. Pada periode 2001-2002, aktivis ini menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Perburuhan dan Fund Raising.

Tidak puas dengan sarjana yang telah didapatkan di Universitas Airlangga, Poengky melanjutkan perkuliahannya di International Human Rights Law, Northwestern University School of Law, di Chicago Amerika Serikat dengan gelar Master untuk Internasional Human Rights Law pada tahun 2003. Selama perkuliahan, beliau tidak lepas tangan terhadap pekerjaan yang diemban di Jakarta, Poengky bekerja membantu KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) pada Divisi Kampanye dan Hubungan Internasional.

Pada tahun 2002, Poengky tercatat sebagai salah satu pendiri Imparsial (The Indonesian Human Right Monitor) bersama 18 orang penggerak HAM lainnya. Imparsial adalah LSM yang aktif bergerak di bidang HAM dan Reformasi Sektor Keamanan. []


Poengky Indarti, S.H., LL.M.