Home / Berita Kompolnas / Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Minta BAG HIK Kompolnas Benahi Tugas Dan Fungsi Kerja

Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Minta BAG HIK Kompolnas Benahi Tugas Dan Fungsi Kerja

Kompolnas.go.id,Bogor- Keterbatasan sumber daya manusia yang belum memadai, membuat Bagian Hukum, Informasi dan Komunikasi Sekretariat Komisi Kepolisian Nasional,  terus di evalusasi dan di benahi dalam tugas dan tanggung jawab.

Ungkap tersebut, disampaikan Kepala Sekretariat Komisi Kepolisian Naional Republik Indonesia,Brigjen Pol, Purwolelono, S.IK,MM, dalam sambutan-nya saat membuka kegiatan penyusunan laporan semester I TA.2020, Bag HIK Sekretariat Kompolnas, bertempat di ruangan Haris Hotel, Sentul Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya, banyak permasalahan yang harus dibenahi di Bagian HIK, Sekretariat Kompolnas RI.

“Kekurangan personil dan kemampuan kualifikasi di bagian Hukum, Informasi dan Komunikasi (Bag HIK) Komisi Kepolisian Nasiona Republik Indonesia dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masih banyak perlu dievaluasi dan di perbaharui,”ungkap Jenderal bintang satu itu.

Selaku Kaset Kompolnas, Brigjen Pol Purwolelono, juga menyoroti tugas dan tanggung jawab, dari Sub Bagian Hukum dan Dokumentasi, Bag HIK Set Kompolnas, yang didalamnya menyusun peraturan Perundang-Undangan menjadi bahan evaluasi Bagian HIK Kompolnas RI.

Menurutnya dalam pengelolaan advokasi hukum, juga menjadi satu bahan evaluasi, yang tentunya menjadi tanggung jawab dari subag  hukum dan dokumentasi. Dirinya juga meminta tiap-tiap Subag pada Bag HIK Kompolnas RI harus bertanggung jawab dengan pelaksanaan tugas.

“Sekalipun kendati kekurangan personil namun di bawah pimpinan Kabag HIK Kompolnas dapat terkoordinasi dengan baik pelaksanaan tugas dari Subag hukum dan dokumentasi,” ucap mantan Irwasda Polda Kepri itu.

Ia juga menekankan pentingnya data base, yang menjadi tanggung jawab dari subag data dan informasi.

“Sejak saya dilantik menjadi Kepala Sekretariat Kompolnas RI, saya telah merancang betul sistem data base. Hal ini penting dilakukan, oleh subag data, yang apabila file data base tidak di input sudah tentunya subag data tidak mampu berbicara apa-apa,”Ucapnya.

Purwo menuturkan, data-data yang telah di input dan di olah  subag data akan menjadi sebuah informasi penting yang akan di sampaikan Sekretariat Kompolnas kepada pimpinan Kompolnas

Ia mencontohkan, apabila anggota Kompolnas ingin melakukan kunjungan kerja ke suatu tempat atau wilayah, seharusnya mendapatkan infomasi dan masukan yang mendasari pengimputan data dari subag data informasi Sekretariat Kompolnas.

“Seharusnya subag data dan informasi dari Sekretariat Kompolnas RI memberikan informasi yang aktual kepada anggota Kompolnas saat melakukan kunjungan kewilahyaan, sehingga dalam pengambilan keputusan juga sudah pasti tepat,”tutur Purwo.

Menurutnya, semua informasi yang berkaitan dengan Kesekertariatan Kompolnas dan Kompolnas, tentunya bersumber dari Bagian Hukum dan Informasi Sekretariat Kompolnas RI.

“Kita punya sosmed,harus di cek betul berapa jumlah influenser kita. Sudah 5 tahun lebih Sekretariat Kompolnas berdiri tentunya influenser kita sudah lebih banyak. Memang tidak mudah untuk mendapatkan banyak influenser namun secara manejerial Sekretatiat Kompolnas harus mampu mengelola sosial media, sekalipun terbatas dengan sumber daya manusia,” Himbaunya.

Ia berharap, Bag HIK Sekretariat Kompolnas terus berkembang dan baik seiring waktu berjalan.

“Sebetulnya Bag HIK ini banyak sekali tugas yang harus diselesaikan. Tentunya untuk sekarang ini sebuah program baru yang digarap oleh Bag HIK,yaitu pengaduan masyarakat berbasis Website,” Ucapnya.

Purwo juga menegaskan, pentingan peranan Subag Humas, Bag HIK Sekretariat Kompolnas, yang secara tupoksi memberikan dukungan teknis kepada anggota Kompolnas.

“Subag Humas Sekretariat Kompolnas, harus bangun korespondensi dengan Awak Media, dalam memblowup  suatu permasalah yang terjadi dengan cepat dan tidak sulit,” Himbaunya.

Ia juga menekanan, pentingnya keprotokolan,sebagai penujuk arah dalam membantu anggota Kompolnas dalam pengurusan kedinasan. (FER)