Home / Berita Kompolnas / Kenaikan Tipe Tujuh Polda, Ini Pesan Kompolnas

Kenaikan Tipe Tujuh Polda, Ini Pesan Kompolnas

Jumat 17 Apr 2020 14:58 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto

Peningkatan tipe Polda ini harus dievaluasi secara berkala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pengawas Kepolisian (Kompolnas) mengaku senang atas kenaikan tipe dari B menjadi A pada tujuh Polda. Ketujuh Polda itu adalah Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara, Polda Gorontalo, Polda Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Barat dan Polda Bangka Belitung.

Direktur Imparsial Poengky Indarti (kiri).
Direktur Imparsial Poengky Indarti (kiri).Foto: Republika/Wihdan H

Pihaknya ingin ketujuh Polda tersebut bisa meningkatkan penegakan hukum di masyarakat. “Peningkatan tipe Polda tersebut jangan hanya disambut gembira karena naiknya pangkat menjadi satu tingkat lebih tinggi melainkan juga harus diikuti dengan peningkatan profesionalitas kinerja pimpinan dan anggota dalam melayani, melindungi, mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum. Hal ini untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat agar semakin baik di wilayahnya,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti melalui keterangan resminya, Jumat (17/4).

Kemudian, dia melanjutkan, Polda-Polda yang naik tipe tersebut harus meningkatkan jumlah dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melengkapi sarana dan prasarana serta pemenuhan anggaran. Lalu, dia menambahkan, para Polda harus melengkapi pembangunan polsek atau polres yang masih kurang agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Untuk Polda yang dekat dengan pulau dan laut seperti Polda Papua Barat, Polda Maluku Utara dan Polda Sulawesi Tenggara harus bisa lebih melindungi masyarakat yang berada di pulau-pulau terpencil. Sehingga, mereka dapat merasakan kehadiran aparat kepolisian dan terlindungi. 

Lalu, untuk Polda yang berbatasan dengan negara tetangga, seperti Polda Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia (negara bagian Sabah dan Sarawak) diharapkan dapat lebih profesional dalam mengatasi gangguan keamanan di perbatasan negara.

Dia mencontohkan, gangguan keamanan tersebut seperti perdagangan manusia, penangkapan ikan ilegal, penyelundupan barang-barang buatan luar negeri, narkoba dan masuknya jaringan teroris.

Kemudian, kata dia, Polda Papua Barat dalam waktu dekat juga harus dapat membangun Sekolah Polisi Nasional Polda Papua Barat agar kebutuhan SDM dapat segera terpenuhi. Sedangkan Polda Kalimantan Utara dan Polda Sulawesi Barat yang sedang membangun Sekolah Polisi Nasional di daerahnya dipercepat agar dapat melaksanakan sendiri pendidikan pembentukan maupun pelatihan bagi anggotanya.

Peningkatan tipe Polda ini harus dievaluasi secara berkala. Sehingga memungkinkan jika ternyata dalam pelaksanaan tugas-tugasnya dianggap kurang maksimal maka tipe akan diturunkan.

“Saya berharap kerja keras dan semangat tinggi dari Pimpinan dan anggota dari tujuh Polda yang akan dinaikkan tipenya tersebut bisa melindungi masyarakat dan mereka benar-benar merasakan manfaat dari naiknya tipe Polda,” kata dia.

Sebelumnya diketahui, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Polri telah menerbitkan Surat Telegram untuk menaikkan tipe tujuh Polda. “Benar, Mabes Polri keluarkan Surat Telegram Nomor 1189 tahun 2020. Ada tujuh Polda dinaikkan tipenya dari B menjadi A,” ujar Brigjen Argo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (16/4).

Dia menjelaskan, pertimbangan Mabes Polri menaikkan tipologi tujuh polda ini karena besarnya luas wilayah dan tingginya tingkat kriminalitas di daerah tersebut. Argo juga menjelaskan, bahwa peningkatan tipologi Polda ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Ketujuh Polda yang naik tipe itu di antaranya Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepulauan Bangka Belitung, ‎Polda Gorontalo, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat. Dengan dinaikkannya tipe ketujuh Polda tersebut, posisi kapolda nantinya akan dijabat oleh seorang jenderal bintang dua atau irjen. []

Sumber: Republika.co.id

Link: https://republika.co.id/berita/q8xa66396/kenaikan-tipe-tujuh-polda-ini-pesan-kompolnas