Home / Berita Polri / Kapolri Lantik 4 Kapolda Baru

Kapolri Lantik 4 Kapolda Baru

Kamis, 4 Maret 2021 12:02 WIB

Ilustrasi sertijab. Pelantikan delapan perwira tinggi Polri dalam jabatan baru, di Jakarta, Rabu (24/2/2021). (Divisi Humas Polri)

JAKARTA, kompolnas.go.id – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi melantik perwira tinggi Polri sebagai Kapolda dan Koordinator Staf Ahli Kapolri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Upacara serah terima jabatan itu berdasarkan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

“Pada hari ini Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat di lingkungan Polri dan sekaligus juga menerima laporan kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Sejumlah perwira tinggi yang melaksanakan sertijab pada acara tersebut yakni Koordinator Staf Ahli Kapolri dari Irjen Pol Nana Sudjana kepada Irjen Pol Martuani Sormin.

Lalu, jabatan Kapolda Sumatera Utara dari Irjen Pol Martuani Sormin kepada Irjen Pol Panca Putra.

Kemudian, jabatan Kapolda Sulawesi Utara dari Irjen Pol Panca Putra kepada Irjen Pol Nana Sudjana.

Berikutnya, jabatan Kapolda Lampung dari Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Irjen Pol Hendro.

Dan, jabatan Kapolda Papua dari Komjen Pol Paulus Waterpauw kepada Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Pada kesempatan itu pula, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat 12 perwira tinggi dan menengah setingkat lebih tinggi.

Para pejabat yang mendapatkan kenaikan pangkat dari Inspektur Jenderal menjadi Komisaris Jenderal berjumlah 1 orang; dari Brigadir Jenderal ke Inspektur Jenderal berjumlah 7 orang. Sedangkan, pejabat yang naik pangkat dari Komisaris Besar menjadi Brigadir Jenderal berjumlah 7 orang.

“Sekali lagi bapak Kapolri menerima kenaikan pangkat beberapa perwira tinggi Polri. pertama kenaikan pangkat dari Irjen Pol menjadi Komjen dari bintang dua menjadi bintang tiga yaitu Komjen Paulus Waterpauw,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Paulus Waterpauw menjadi satu-satunya putra Papua yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi pada Kamis (4/3/2021) hari ini.

Waterpauw kini resmi menyandang bintang tiga atau berpangkat Komisaris Jenderal alias Komjen.

Dia sebelumnya telah dipercayai Kapolri Jenderal Sigit untuk menduduki jabatan baru dari Kapolda Papua menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. [z]

Penulis: Zul