Home / Berita Polri / JAM-PMII Kota Tual dan Malra Apresiasi Kinerja Kapolres

JAM-PMII Kota Tual dan Malra Apresiasi Kinerja Kapolres

gani-foto

Tual – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Provinsi Maluku yang juga dilaksanakan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) berjalan dengan baik dan kondusif, dan hal tersebut tidak terlepas dari peran penting dari pihak keamanan Polri/TNI yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Malra, AKBP Indra Fadillah Siregar, S.IK., SH.

Keberhasilan pihak keamanan TNI/Polri tersebut mendapat apresiasi dan perhatian khusus dari sejumlah tokoh dan elemen masyarakat baik yang ada di Kota Tual maupun Malra.

“Saya melihat bahwa ada satu sinergitas yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan masyarakat, sinergitas itu dibuktikan dengan rasa percaya antara masyarakat dengan kepolisian yakni dengan menciptakan kondisi keamanan yang kondusif,” ujar Koordinator Jaringan Alumni Muda Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (JAM-PMII) Kota Tual dan Malra, Gani Bugis, di Tual, Senin (9/7).

Dijelaskan Gani, Berdasarkan data rilis resmi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bahwa Kota Tual masuk dalam kategori wilayah yang tingkat kerawanan Pilkadanya sangat tinggi di Indonesia. Dalam Pilkada Serentak di Maluku, ini menjadi tugas yang sangat berat bagi pihak kepolisian.

“Khususnya Polres Malra yang juga membawahi wilayah Kota Tual melaksanakan pengamanan pada 3 Pilkada sekaligus, yakni Pemilihan Gubenur (Pilgub), Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Tual dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Malra,”katanya.

“Saya sangat mengapresiasi dan salut akan kinerja Polres Malra dibawah pimpinan Kapolres Indra Fadillah Siregar, karena dengan upaya preventif yang dilakukan dalam menangani seluruh masalah, baik itu dalam keadaan siang maupun malam beliau selalu turun langsung ke TKP-TKP untuk menyelesaikan masalah sekaligus menjawab apa yang menjadi keresahan masyarakat,”katanya lagi

Gani menandaskan, secara pribadi pihaknya mendorong kepada pihak Bawaslu Republik Indonesia dan pihak-pihak terkait Penyelenggara Pemilu untuk harus memberikan Reward kepada Kapolres Malra, karena atas prestasi yang beliau lakukan sehingga hari ini pasca Pilkada (pasca penetapan Rekapitulasi) di KPU, masyarakat dapat menerima itu sebagai hasil dari kualitas berdemokrasi di Nuhu Evav.

“Perlu adanya sebuah penghargaan yang layak dan pantas diberikan kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polres Malra, sehingga kedepan nanti siapapun yang akan menjabat sebagai Kapolres Malra dan Kota Tual, tidak perlu dengan cara-cara kekerasan untuk menyelesaikan masalah, tetapi dengan upaya-upaya preventif dan pendekatan-pendekatan personal yang persuasif yang dilakukan oleh pihak kepolisian kepada masyarakat,”bebernya.

Menurut Gani, Bawaslu RI hendaknya bisa memberikan Reward kepada pihak Kapolres Malra atas capaian kinerjanya dalam menghapus catatan penilaian Kompolnas terkait Kota Tual yang sangat tingkat kerawanannya dalam Pilkada.

“Jika memang terbukti bahwa Polres Malra dalam mengawal tahapan Pilkada ini tidak berjalan dengan baik itu wajar-wajar saja dalam memberikan punishment, tetapi ini adalah prestasi demokrasi yang cukup baik, prestasi anak negeri yang kemudian harus diberikan penghargaan kepada pihak kepolisian,” tegasnya.

Gani katakan, karakter masyarakat Evav (Kei) cukup keras, sehingga Kapolres dan jajarannya termasuk Kasat Intel masih memiliki upaya-upaya yang cukup baik.

“Artinya kita bisa melihat hubungan komunikasi antar kepolisian, masyarakat, pemerintah, pemangku adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat itu berjalan sangat baik,” tandasnya.

Diungkapkan Gani, JAM-PMII Kota Tual dan Malra akan selalu mendukung segala kebijakan yang dilakukan oleh Kapolres Malra dan jajaranya dalam menekan angka kriminal Kota Tual dan Malra, selain itu, dirinya juga mengapresiasi pihak TNI dalam memback-up (mendukung) tugas pihak kepolisian.

“Hal yang bisa dilihat semua masyarakat adalah hubungan komunikasi antar lembaga/ perangkat negara dalam menyelesaikan konflik yang terjadi, hubungan yang baik antara pihak Polres Malra-Kota Tual dan pihak TNI dalam hal ini Kodim 1503 Tual-Malra dinilai berjalan dengan baik, Hubungan baik ini harus terus dijalin dan dipererat sehingga kedepan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka bisa saling bahu-membahu menyelesaikan hal itu,” pungkasnya

Gani menambahkan, proses Pilkada sudah usai dan menuju Pemlihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Prersiden (Pilpres) adalah waktunya sangat singkat, sehingga jika menuju ke hajatan negara yang besar itu maka masyarakat Indonesia harus dalam keadaan yang tidak ditekan dan diintimidasi dengan cara apapun.

“Untuk itu, hubungan silaturahmi antara TNI dan Polri ini dan juga hubungan koordinasi antara kedua institusi ini harus tetap dipelihara dan dijaga,”imbuhnya. (MP-11)

 

Sumber:  malukupost.com – 10 Juli 2018 7.30 PM WIB

Link:
http://www.malukupost.com/2018/07/jam-pmii-kota-tual-dan-malra-apresiasi.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook&m=1