Tingkatkan Pelayanan, Koorlantas Polri Kembangkan Aplikasi Signal

Tingkatkan Pelayanan, Koorlantas Polri Kembangkan Aplikasi Signal

JAKARTA - Seiring perkembangan era yang serba digital seperti sekarang ini, Polri tidak mau ketinggalan dengan terus melakukan beragam inovasi.  Upaya yang dilakukan Polri tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu langkah inovatif yang tengah diujicobakan saat ini, adalah aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) yang digagas oleh Korlantas Polri. Aplikasi tersebut bertujuan memudahkan masyarakat mengurus pajak kendaraan bermotor secara online.

Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin mengatakan, Signal direncanakan akan diluncurkan dalam waktu dekat, namun masih tertunda karena adanya PPKM.

"Signal atau Samsat digital nasional, sudah masuk tahap uji coba Insya Allah dalam waktu dekat akan segera di-launching, terkendala PPKM," kata Taslim dalam pesan singkat, Kamis (12/8/2021).

Di sisi lain, dilansir melalui situs resmi Samsat Digital, Direktur Ditregident Koorlantas Polri Brigadir Jenderal Yusuf menerangkan, aplikasi tersebut dibuat sebagai pengganti aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas) yang saat ini sudah dinonaktifkan.

Menurut Yusuf, dengan adanya aplikasi Signal, proses pengesahan STNK (tahunan) dan pembayaran pajak kendaraan, serta SWDKLLJ, khusus kepemilikan pribadi dan bukan atas nama badan hukum, dapat dilakukan dengan sangat mudah di mana dan kapan saja.

"Jadi yang tengah kita kembangkan One Stop Service, tanpa harus hadir ke kantor Samsat atau unit layanan Samsat lainnya," kata Yusuf.

Lebih lanjut, Taslim menambahkan Signal saat ini telah terhubung dengan 15 pangkalan Data Pajak Bapenda Provinsi. Dengan demikian diharapkan pengguna bisa langsung mengetahui SKKP (Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran) Pajak yang harus dibayarkan kepada negara atau pemerintah.

Saat ini provinsi yang telah tersambung aplikasi Signal di antaranya adalah, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan NTB.

Selain meluncurkan aplikasi Signal, Polri sebelumnya telah merilis layanan digital lainnya, seperti Sinar (SIM Nasional Presisi) yang ada di aplikasi Digital Korlantas. Aplikasi Sinar sendiri berfungsi untuk mempermudah masyarakat memperpanjang masa berlaku SIM.[hs/kp]