Tingkatkan Layanan BPKB, Polda Metro Jaya Aplikasikan Siondel

Tingkatkan Layanan BPKB, Polda Metro Jaya Aplikasikan Siondel

Jakarta - Polda Metro Jaya (PMJ) dalam waktu dekat menambah layanan digitalisasi bidang lalu lintas untuk pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Seluruh layanan ini akan bisa diakses melalui aplikasi online.

"Sehingga masyarakat tidak perlu hadir, cukup dengan menggunakan aplikasi. Setelah selesai, akan dikirim by delivery system aplikasi Siondel," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP I Nyoman Yogi Hermawan kepada wartawan, Kamis (20/5/2021).

Hal tersebut merupakan salah satu upaya Polda Metro Jaya dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital 4.0 dan juga guna mendukung program kerja Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Yogi menambahkan, Kapolri Listyo ingin Korlantas Polri mampu mengikuti perkembangan teknologi lebih jauh dalam penggunaan sistem digital untuk memudahkan masyarakat dan menghindari penyalahgunaan wewenang kepolisian seperti pungli.

"Dengan program ini, tidak ada celah oknum untuk melakukan pungli,” imbuhnya.

Saat ini sudah ada beberapa program layanan polisi di bidang lalu lintas yang didigitalisasi seperti, tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan juga perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C.

Selain itu, sebagaimana disampaikan Kadiv Humas  Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, peluncuran aplikasi tersebut menjadi bagian dari program 100 hari kinerja Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan juga merupakan komitmen Polri dalam rangka memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang semakin modern, prima, serta memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan perubahan dan perkembangan sosial dan budaya masyarakat.

“Peluncuran aplikasi tersebut memberikan alternatif bagi masyarakat yang sudah semakin akrab dengan dunia digital dan sangat menekankan pada kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan," kata Argo dalam keterangan persnya pada hari Sabtu, (8/5/2021).

Argo juga berharap Polri dapat terus bekerja sama dengan masyarakat dalam menciptakan ketertiban, dan kualitas yang lebih baik dalam pelayanan.

"Inovasi itu juga untuk  menjawab kebutuhan pelayanan di masa pandemi (Covid-19) saat harus menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ujarnya. [kp/hs/zf]