Tahun Ini, Polda Metro Jaya Siap Jadi Percontohan Pemakaian Kamera Tubuh Polisi

Tahun Ini, Polda Metro Jaya Siap Jadi Percontohan Pemakaian Kamera Tubuh Polisi

JAKARTA - Pada tahun ini (2022), Mabes Polri menargetkan penggunaan kamera tubuh bagi anggota polisi. Sebagai percontohan, Polda Metro Jaya siap akan menggunakannya.

“Targetnya tahun ini. Polda Metro sebagai percontohan dan prioritas,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Saat ditanyakan, kapan jajaran Polda Metro Jaya memulai menerapkan rencana tersebut? Dedi mengatakan, “Saya cek dahulu apakah bulan depan sudah siap.”

Penggunaan kamera tubuh ini, ucap Juru Bicara Kompolnas Poengky Indarti, sangat bagus untuk mengawasi kinerja anggota di lapangan agar tidak melakukan penyimpangan.

“Misalnya agar tidak melakukan kekerasan berlebihan atau tidak melakukan pungli, serta bertindak arogan. Penggunaan kamera tubuh merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi Polri, serta menunjukkan Polri yang modern,” kata dia, Minggu (2/1/2022).

Kepolisian di negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat, serta negara Asean seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina juga sudah menggunakan kamera tubuh.

Kompolnas berharap penggunaan alat tersebut membuat Polri menjadi lebih presisi, sehingga cita-cita reformasi kultural menjadi polisi yang humanis, profesional, dan menghormati HAM segera terwujud. []