Sambut HUT Polri Ke 75, Kompolnas Galang Kerjasama Dengan PMI

Sambut HUT Polri Ke 75, Kompolnas Galang Kerjasama Dengan PMI

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyambangi Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, di Jakarta, dalam rangka penggalangan bakti sosial, pada Senin (21/6/2021).

Hadir dalam kegiatan sambang tersebut Anggota Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar dan Mohammad Dawam didampingi Kabag Umum Sekretariat Kompolnas Adri Effendi serta staf lainnya. Kedatangan tim Kompolnas tersebut disambut Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi.

Kepada jajaran Pimpinan PMI DKI Jakarta, Anggota Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar menjelaskan maksud kedatangannya sebagai penjajakan awal, dalam rangka pelaksanaan bakti sosial Kompolnas. 

Bakti sosial tersebut akan diwujudkan dalam bentuk kegiatan donor darah, yang merupakan salah satu agenda Kompolnas dalam turut memeriahkan HUT Bhayangkara Ke 75 Tahun.

“Kegiatan bakti sosial ini memang telah kami canangkan dalam rangka menyambut HUT Polri yang ke 75 tahun, dengan mengusung thema Ayo Donor Darah Untuk Kemanusiaan,” jelas Pudji.

Lebih jauh Pudji menjelaskan, kegiatan donor darah ini akan diikuti seluruh personel Kompolnas dan Sekretariat Kompolnas. Namun demikian, Kompolnas juga mengundang segenap civitas akademika Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) serta personel Polri yang bertugas di Mabes Polri dan Polda Metro Jaya beserta Polres jajaran.

Kegiatan tersebut direncanakan pelaksanaannya pada hari Rabu, 30 Juni 2021, pukul 07.30 WIB, bertempat di Gedung Sekretariat Kompolnas, Jalan Tirtayasa VII Nomor 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Jadi kegiatan donor darah ini bersifat terbuka, karena ini kan kegiatan kemanusiaan. Karenanya (kegiatan ini-red) tidak sebatas personel Kompolnas saja, tetapi kami juga mengundang rekan-rekan dari PTIK dan Polri,” ujar Pudji.

Terhadap rencana kegiatan dimaksud, Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi menyatakan sambutan baiknya. Rustam juga menyampaikan akan mengerahkan segenao sumber daya yang dimiliki instansi yang dipimpinnya, baik personel maupun sarana dan prasarana, untuk mensukseskan agenda bakti sosial Kompolnas ini.

“Menjadi tugas kami untuk mendukung agenda bakti sosial berupa kegiatan donor darah yang tengah digagas Kompolnas ini,” ujar Rustam.

Rustam menjelaskan, semenjak masa pandemi covid 19, stok darah di PMI semakin menipis. Untuk memastikan keamanan dan ketersediaan pasokan darah di Indonesia, PMI sangat membutuhkan donor darah dan donor plasma konvalesen dari para relawan.

“Karena itu PMI DKI Jakarta akan menyiapkan segala keperluan kegiatan donor darah di Kompolnas dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara pada tahun ini,” tambah Rustam [udo]