Polda Malut Resmi Pecat Oknum Polisi Pemerkosa

Polda Malut Resmi Pecat Oknum Polisi Pemerkosa

TERNATE - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) di bawah kepemimpinan Irjen (Pol) Risyapudin Nursin telah menetapkan secara resmi sanksi Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap oknum Polisi berinisial Briptu NI atas perbuatan keji yang telah dilakukannya.

Putusan PTDH terhadap oknum Polisi tersebut terbit dari hasil sidang Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) yang berlangsung pada Rabu 28 Juli 2021 lalu.

"Yang bersangkutan telah menjalani proses kode etik Polri pada 28 Juli dan hasilnya yang bersangkutan dinyatakan bersalah dan langsung diberikan sanksi PTDH," ucap Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, pada Kamis (12/8/2021).

Adip mengatakan, apabila Briptu NI keberatan dengan putusan kode etik tersebut, upaya banding masih bisa ia lakukan.

"Itu adalah haknya oknum yang terlibat dalam kode etik, jika putusan itu tidak diterima," ujarnya.

Sebelumnya, oknum polisi Briptu NI telah terbukti melakukan tindakan pemerkosaan terhadap seorang gadis. Perbuatan bejat tersebut terjadi pada 13 Juni 2021 di dalam Polsek Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Modusnya, korban bersama rekannya digiring dari sebuah penginapan di Jailolo ke kantor Polsek Jailolo Selatan oleh oknum polisi tersebut dengan alasan yang tak jelas. [zf]