Peringati HUT Bhayangkara Ke-75, Buruh Lepas di Grogol Dapatkan Bantuan Sosial Dari Polri

Peringati HUT Bhayangkara Ke-75, Buruh Lepas di Grogol Dapatkan Bantuan Sosial Dari Polri

Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-75, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membagikan bantuan sosial kepada ratusan kepala keluarga di bantaran kali Simprug Golf 2 RT 10/08 Grogol Selatan, Jakarta Selatan. Mayoritas warganya adalah pekerja buruh lepas.

Kasubdit Fasmat SBST Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol I Made Kusuma Jaya mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian HUT Bhayangkara Ke-75. Dan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19.

“Kehadiran kami pagi ini juga untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa negara hadir dalam hal ini direpresentasikan oleh Kepolisian Republik Indonesia, yang peduli terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat akibat dampak dari pademi Covid-19,” kata I Made Kusuma Jaya.

I Made juga menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan agar tali silaturahmi antara pihak kepolisian dengan masyarakat semakin erat.

“Kita yakin bahwa kepolisian tidak mampu bekerja sendiri baik di dalam memelihara kamtibmas, menegakan hukum, memberikan perlindungan, dan pelayanan bermasyarakat  tidak mampu sendiri tapi harus bekerjasama dengan masyarakatnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sarwono selaku Ketua RT Simprug Golf 2 RT 10/08, berterimakasih kepada Polri yang telah dengan suka rela memberikan bantuan sosial untuk warganya.

“Saya perwakilan dari RW 08 mengucapkan beribu-ribu terimakasih atas bantuannya dari kepolisian mabes polri, yaitu dalam rangka HUT Bhayangkara,” ujar Sarwono.

Selain itu, ucapan terimakasih juga disampaikan oleh salah satu warga, yakni Rusmiati. Dia bersyukur bisa mendapatkan bantuan sosial berupa sembako, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Sangat membantu sekali, terimakasih kepada Polri,” ucap Rusmiati.

Lebih lanjut, Koordinator Pusat BEM Nusantara, Dimas Prayoga juga ikut berpartisipasi dengan pihak Polri dalam menyalurkan sembako untuk warga. Dia berharap bantuan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid 19.

“Harapannya bisa membantu, meringankan masyarakat sini untuk bisa struggling dalam covid-19 yang juga berdampak pada perekonomian warga sekitar sini,” ungkap Dimas.

Seperti diketahui, peringatan HUT Bhayangkara ke-75 ini bertemakan ‘Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju’. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 9 September 2021 nanti.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono akan berperan sebagai Ketua Panitia Baksos Serentak Hari Bhayangkara Ke-75. Istiono mengatakan, penerima bantuan sembako adalah masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Total ada 272.662 paket sembako dan 272.662 botol hand sanitizer, serta 2.521.815 masker yang akan dibagikan ke masyarakat. Bantuan tersebut diberikan kepada lintas golongan.

“Yaitu yatim piatu, fakir miskin, kaum dhuafa, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, ojek pangkalan, sopir, kaum disabilitas, Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri, tenaga medis, UMKM terdampak pandemi dan masyarakat lain yang sangat membutuhkan,” ujar Istiono dalam pembukaan baksos serentak di Lapangan Bhayangkara, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/6/2021). [zf/kp]