Pengurus Baru VVC Periode 2021 - 2024 Dilantik, Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum

Pengurus Baru VVC Periode 2021 - 2024 Dilantik, Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum

JAKARTA - Berlangsung di halaman kantor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang berada di lingkungan Parkir Timur Senayan, Jakarta, telah dilangsungkan pelantikan kepengurusan baru Volkswagen Van Club (VVC) Masa Bakti 2021 – 2024, Jumat (29/10/2021).

Ada hal yang istimewa dalam seremoni pelantikan pengurus baru VVC kali ini. Selain dihadiri Ketua IMI Pusat yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, acara ini juga dihadiri Ketua IMI DKI Jaya Anondo Eko, dan juga Ketua Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA), Nanan Soekarna. Bahkan penentuan lokasi pelaksanaan acara ini merupakan rekomendasi Anondo Eko selaku Ketua IMI DKI Jaya. Rekomendasi yang tertuang di dalam Surat Nomor 032/IMI-DKI/REK/OR/A/X/2021, IMI DKI tersebut merupakan bentuk dukungan IMI DKI Jaya terhadap klub VW tertua di Tanah Air ini.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, seremoni pelantikan Pengrus Baru VVC ini dilaksanakan dengan mematuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sebelumnya memang banyak diberitakan, selama ini VVC merupakan salah satu komunitas otomotif yang memiliki komitmen dan partisipasi tinggi dalam mendukung upaya pemerintah menanggulangi pandemi Covid 19.

Seremonial pelantikan dilakukan dengan penyematan pin berlogo VVC kepada seluruh pengurus baru yang hadir. Tidak ketinggalan, juga dilaksanakan penyerahan bendera klub VVC dari Ketua IMI DKI Jaya kepada Ketua Umum VVC yang baru.

Untuk diktahui, pelantikan Pengurus Baru VVC Periode 2021 - 2024 ini merupakan tindak lanjut atas hasil Rapat Umum Anggota (RUA) Volkswagen Van Club (VVC), pada Sabtu (16/10/2021), yang beerlangsung di MyTen Coffee, Senayan Park Mall, Jakarta. RUA terssebut diikuti total kuorom anggota VVC yang masih aktif.

RUA tersebut dilaksanakan berbarengan dengan gelar syukuran HUT ke 40 VVC yang merupakan wadah komunitas penggemar kendaraan klasik khusus VW jenis Van di Indonesia.

Patut disyukuri, RUA berlangsung tertib, aman, dan lancar. Pengurus lama VVC dinyatakan demisioner setelah laporan pertanggungjawabannya diterima oleh peserta RUA. Selanjutnya tim formatur melaksanakan tugas pemilihan Ketua Umum VVC yang baru untuk masa bakti 2021 - 2024.

Bersama peserta RUA yang hadir, tim formatur menggodok pencalonan kandidat Ketua Umum VVC yang baru. Dinamika RUA yang berlangsung sempat memunculkan tiga nama sebagai kandidat. Melalui pembahasan yang melibatkan seluruh peserta, akhirnya RUA memutuskan menobatkan Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM., sebagai Ketua Umum VVC Periode 2021 - 2024, menggantikan Irjen Pol. (Purn) Drs. Pamudji R. Soetopo SH., MH., yang telah menakhodai VVC selama 30 tahun masa kepemimpinan.

Sebagai Ketua Umum VVC yang barum dalam sambutannya Pudji Hartanto berterima kasih atas dukungan warga VVC yang memintanya secara bulat menjadi Ketua Umum VVC 2021-2024. Ketua Umum yang terpilih secara aklamasi ini mengajak warga anggota VVC baik yang aktif maupun pasif untuk kembali merapatkan barisan guna menggerakkan roda kegiatan VVC agar lebih aktif dan massif.

"VVC sebagai klub VW tertua di Tanah Air harus terus kuat, kompak, guyub, dan terus beradaptasi dengan situasi kondisi sekarang yang cepat berubah. Tentunya dengan tidak meninggalkan karakter dan budaya positif yang sudah berjalan selama ini. VVC harus kreatif, adaptif, dan rekreasi. Rekreasi ini dalam artian touring dengan Kombi menikmati pesona alam negeri," kata Pudji yang juga merupakan Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Periode 2020 – 2024.

Pudji juga menambahkan, sebagai Ketua Umum baru, dirinya mengajak anggota VVC untuk bergerak bersama secara aktif guna mewujudkan VVC sebagai klub hobi otomotif yang terus hebat, sekaligus menjadi wadah silaturahmi, kreasi, rekreasi, dan sosial.

Selanjutnya tim formatur yang dipimpin Buntaran Wibisana, didampingi Ignatius Hariry dan Harvyanto Suharto memberikan jangka waktu 14 hari sejak pelaksanaan RUA ke Ketua Umum Baru untuk menyusun pengurus harian.

Usai RUA dan pemilihan Ketua Umum baru VVC, acara berlanjut pada syukuran HUT ke 40 VVC dan presentasi rencana touring VVC ke Sumatera dan Kilometer Nol Sabang pada November 2021 mendatang. Untuk kegiatan touring ini ditunjuk Handarko Harsono sebagai PO. Tercatat sebanyak 15 unit VW Kombi anggota VVC yang bersiap mengikuti kegiatan touring jarak jauh tersebut.

Saat syukuran HUT, dilakukan seremonial penyerahan nasi tumpeng dari Ketua Umum lama Pamudji yang diserahkan kepada Ketua Umum baru, Pudji Hartanto. Penyerahan tumpeng sebagai tanda syukuran tersebut juga diserahkan kepada sesepuh VVC yang hadir, termasuk kepada salah satu pendiri VVC, Ato Soenarto.

 

Sekilas Volkswagen Van Club (VVC):

Volkswagen Van Club (VVC) merupakan wadah atau klub yang berisi pehobi kendaraan Volkswagen (VW) jenis Kombi atau Van. Berdiri pada tanggal 13 Oktober 1981 oleh 19 Founder dan menjadi klub VW tertua di Tanah Air untuk VW Klasik. Hingga kini total anggota VVC berjumlah 520 (sesuai nomor lambung anggota).

Kegiatan utama VVC biasanya mencakup touring wisata keluarga ke berbagai lokasi wisata di pelosok negeri hingga menyambangi berbagai acara VW di berbagai daerah yang berskala nasional. Selain itu, VVC juga aktif melakukan kegiatan sosial bekerja sama dengan Yayasan Panti Jompo di seputaran Jabodetabek, bakti sosial bila ada bencana, donor darah, hingga penyelenggaraan pameran dan terlibat dalam kegiatan sport otomotif.

VVC juga memiliki beberapa anggota yang aktif dan kreatif dalam hal perawatan, perbaikan, restorasi kendaraan VW yang kini sudah berumur cukup lawas.Bahkan beberapa koleksi VW Kombi anggota VVC juga turut aktif ikut dalam berbagai pameran khusus VW klasik yang diselenggarakan klub VW lainnya di daerah luar Jabodetabek.[hs]