Penelitian Kompolnas Tentang "Peran Polri dalam Penerapan Deradikalisasi Paham Ekstrem Keagamaan Perspektif Hak Asasi Manusia" di Polres Bogor

Penelitian Kompolnas Tentang "Peran Polri dalam Penerapan Deradikalisasi Paham Ekstrem Keagamaan Perspektif Hak Asasi Manusia" di Polres Bogor

Bogor - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) lakukan kunjungan kerja ke Polres Bogor, Jawa Barat dalam rangka penelitian dengan tema ”Peran Polri dalam Penerapan Deradikalisasi Paham Ekstrem Keagamaan Perspektif Hak Asasi Manusia”, Rabu, 18 Mei 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Anggota Kompolnas Moh. Dawam beserta tim peneliti disambut langsung oleh oleh Waka Polres BKompol Wisnu Perdana Putra dan langsung diteruskan ke Rutan Cikeas.

Kegiatan penelitian tersebut dihadiri oleh Kasubdit Bintibsos Polda Jabar, Kabag Ops. Polres Bogor, Kasat Intelkam Polres Bogor, Kasat Binmas, Kasubbag Watpers Polres Bogor, Kasiwas Polres Bogor.

Selanjutnya, Kamis, 19 Mei 2022, Kompolnas dan tim peneliti melanjutkan penelitian di Lapas Narkotika Kelas II A Gunung Sindur. Kompolnas disambut langsung Ka Lapas Damari, BC. IP., SIP., MSi. Beserta staf Lapas.





Dalam sambutannya, Damari menuturkan beberapa hal terkait perbaikan sistem rutan, SDM, sarana dan prasarana, serta anggaran operasional rutan dan lapas, khususnya rutan dan lapas napi teroris.

Lebih lanjut, Dawam menanggapi apa yang menjadi perhatian Damari selama ini. Dawam menjelaskan kegiatan penelitian tersebut akan dijadikan sebagai dasar kajian arah kebijakan Polri dalam hal “Penanganan Radikalisasi,Terorisme dan Deradikalisasi”.

“Penelitian ini akan kami jadikan kajian dasar dalam menyusun arah kebijakan Polri yang akan disampaikan kepada Presiden. Semoga semua proses berjalan sesuai waktu, harapan dan hasil yang maksimal. Salam Presisi,” ujar Dawam.