Penandatanganan Naskah Nota Kesepahaman antara Kompolnas dan KPAI - KIP - PP Polri

Penandatanganan Naskah Nota Kesepahaman antara Kompolnas dan KPAI - KIP - PP Polri

JAKARTA – Penandatanganan Naskah Nota Kesepahaman antara Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) dan KPAI-KIP-PP Polri berjalan dengan baik.

 

Hadir dalam acara tersebut para anggota Kompolnas: Benny Jozua Mamoto, Pudji Hartanto Iskandar, Mohammad Dawam, Poengky Indarti, dan Yusuf Warsyim; Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto., Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana, Ketua Umum PP Polri Bambang Hendarso Danuri, serta para tamu undangan lainnya.

 

“Alhamdulillah, nota kesepahaman ini sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan amanat kenegaraan yang mudah-mudahan  apa yang kita lakukan pada saat ini akan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Dan secara khusus bermanfaat bagi lembaga terkait,” jelas Sekretaris Kompolnas Benny Mamoto saat memberikan sambutan di Jakarta, Senin (20/09/2021).

 

Menurut Benny, nota kesepahaman ini merupakan kesepakatan dengan maksud dan tujuan yang sama.

 

Maksud dan tujuan tersebut, Benny menjelaskan: Pertama, Kompolnas dan KPAI untuk mewujudkan perlindungan terhadap anak, dan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi kedua belah pihak.

 

Kedua, Kompolnas dan KIP untuk menindaklanjuti dan menguatkan pengawasan fungsional kinerja Polri. Hak untuk memperoleh informasi adalah hak asasi manusia yang dijamin dan dilindungi UUD 1945, memperoleh informasi dengan cepat, oleh karenanya menjadi keharusan badan publik mengembangkan sistem informasi berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanan informasi.

 

Ketiga, Kompolnas dan PP Polri untuk mewujudkan kerja sama pengembangan pemberdayaan dan optimalisasi tugas dan fungsi Kompolnas dan PP Polri. Kompolnas berterima kasih atas masukan dan bantuan PP Polri saat menyusun kriteria calon kapolri.

 

“Nota Kesepahaman ini, kami berkomitmen untuk melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan berharap nota kesepahaman dapat dilaksanakan dengan baik. Semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kewenangan masing-masing,” jelasnya.

 

“Akhir kata, Kompolnas mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya proses penandatanganan Nota Kesepahaman ini serta kepada PP Polri yang sudah menfasilitasi tempat pertemuan ini yang telah berjalan dengan baik. Semoga kita semua dapat melaksanakannya dengan sebaik-sebaiknya sesuai dengan harapan masing-masing,” tutupnya. [zf]