Pemerintah Kota Sukabumi Putuskan Sukabumi sebagai Kota Polisi

Pemerintah Kota Sukabumi Putuskan Sukabumi sebagai Kota Polisi

Sukabumi - Pemerintah Kota Sukabumi resmi memutuskan Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi. Keputusan ini berdasarkan surat nomor : 188.45/115-Huk/2022 pada tanggal 31 Maret 2022, yang ditandatangani Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Dasar dari keputusan penunjukkan Kota Sukabumi jadi Kota Polisi tersebut dengan mempertimbangkan surat pengajuan dari Dewan Pengurus Cabang Masyarakat Sadar Wisata atau Masata Nomor: 054/STF/MASATA/II/22 perihal Pengajuan Branding Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi.

Dalam Keputusan Wali Kota atau Kepwal itu dikatakan, seluruh elemen terkait dengan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyosialisasikan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi terwujudnya Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi.

Wacana branding Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi sudah berlangsung lama. Beberapa waktu lalu, Setukpa Lemdiklat Polri, Yayasan Dapuran Kipahare, dan Masata, ikut menginisiasi webinar Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi dalam rangkatan Sukabumi Tourism Festival.

Pertama sisi sejarah, sambung Fahmi, ketika perubahan nama Setukpa Polri misalnya Sekolah Polisi

Dari faktor historis, empiris, dan psikologis, Kota Sukabumi memiliki keterikatan dengan aparat kepolisian, demikian disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat memberikan sambutan di Upacara Tradisi Pengenalan Lingkungan Peserta Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi Angkatan1 Ke-51 TA 2022 di Lapangan Soetadi Ronodipuro Setukpa Polri, Rabu (9/3/2022).

Negara menjadi Akademi Kepolisian menjadi Akabri Bagian Kepolisian, dan akhirnya Secapa Polri. Sehingga Kota Sukabumi sulit dipisahkan dari unsur kepolisian. Kedua, sisi psikologis, ketika siswa mengalami pesiar Sabtu dan Ahad ada interaksi antara siswa dan warga.

Ada dua hal, kata Fahmi, pertama interaksi melahirkan komunikasi dengan kebudayaan karena siswa dari seluruh Indonesia yang budaya dan bahasa berbeda. Kedua pesiar siswa menjadi daya ungkit ekonomi di sekitar wilayah Sukabumi.

'Pada 1927 muncul sekolah pendidikan kepolisian di Kota Sukabumi, itulah sebabnya secara historis, empiris dan psikologis Kota Sukabumi tidak bisa dilepaskan dengan kepolisian,'' ungkap Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dalam sambutannya. Ia bersyukur dan berterima kasih kepada Setukpa Lemdik Polri memberikan dukungan kepada pemda dalam berbagai hal.

Saat ini Pemerintah Kota Sukabumi telah mengajukan surat kepada pemerintah pusat agar menetapkan Sukabumi sebagai kota polisi. []