Peduli Penanganan Pasien Covid 19, Kapolri Luncurkan 1.000 Unit Oksigen Konsentrator

Peduli Penanganan Pasien Covid 19, Kapolri Luncurkan 1.000 Unit Oksigen Konsentrator

Jakarta - Meningkatnya kasus Covid-19 saat ini menjadi perhatian penting Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri meluncurkan bantuan 1.000 unit oksigen konsentrator bagi warga yang terpapar virus corona. Peluncuran bantuan oksigen konsentrator tersebut dilakukan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/8/2021).

Bantuan tersebut direncanakan akan disalurkan ke Rumah Sakit (RS) Polri dan beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di seluruh Indonesia.

Kapolri berharap, bantuan konsentrator oksigen tersebut mampu memenuhi kebutuhan untuk warga dan rumah sakit yang kekurangan oksigen.

“Oleh karena itu untuk antisipasi kedepan, kami hari ini akan meluncurkan 1.000 unit oksigen konsentrator yang akan kami kirimkan ke RS Polri dan juga rumah sakit lain yang jadi rujukan Covid-19 yang membutuhkan,” ungkap Kapolri.

Kapolri menyebutkan, bantuan tersebut guna mengantisipasi kurangnya ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19. Apalagi beberapa waktu terakhir, beberapa rumah sakit mengalami peningkatan Bed Occupancy Rate (BOR)  hingga angka 90 persen. Setidaknya masih ada 12 wilayah yang mengalami peningkatan BOR.

“Ini merupakan bagian-bagian upaya kami untuk bisa memenuhi kebutuhan oksigen khsusunya di beberapa wilayah yang angka BOR-nya meningkat. Dengan demikian kami harapkan, dengan adanya oksigen konsentrator ini diharapkan kebutuhan masyarakat khsususnya yang butuhkan oksigen bisa dibantu dengan adanya oksigen konsentrator ini” ujar Kapolri.

Lebih lanjut, Kapolri juga mengapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah mau membantu terkait dengan penyaluran 1.000 konsentrator oksigen tersebut.

“Karena itu tentunya saya terima kasih ke rekan-rekan yang telah memfasilitasi, sehingga kami bisa mendapatkan dan hari ini bisa distribusikan 1.000 oksigen konsentrator yang akan kami kirimkan ke RS Polri dan juga rumah sakit lain yang jadi rujukan covid yang membutuhkan,” tutup Kapolri.


Sebelumnya diberitakan, dalam rangka mendukung kelancaran vaksinasi massal, Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto, melakukan monitoring vaksinasi keluarga besar Ikatan Alumni (Iluni) SMAN 2 Bogor, yang diselenggarakan oleh Polresta Bogor Kota, pada Rabu (4/8/2021).

Pudji menuturkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendukung kegiatan vaksinasi demi membentuk kekebalan bersama dari wabah Covid-19. Terlebih, Polri merupakan garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi.

"Saya pengen tahu di Polresta Bogor ternyata ada dan alhamdulillah di-manage oleh Polresta Bogor itu bagus. Jadi menghubungi komunitas, menghubungi organisasi, salah satunya adalah organisasi di Iluni SMA 2 Negeri Bogor," ujar Pudji.

Polresta Bogor sendiri telah melaksanakan kegiatan vaksinasi terhadap sejumlah elemen masyarakat sejak Selasa (13/7) lalu. Sedangkan, vaksinasi terhadap keluarga besar Iluni SMAN 2 Bogor sendiri berlangsung sejak tanggal 3 hingga 6 Agustus 2021.

Selanjutnya, Pudji juga memastikan Polri akan terus mengayomi masyarakat terkait kegiatan vaksinasi. Dia juga berpesan agar masyarakat yang telah divaksin selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Yang namanya, walau sudah divaksinasi tetap harus menggunakan masker, harus kita juga jaga jarak, kebersihan, cuci tangan, menghindari kerumunan. Itu harus tetap dilaksanakan untuk daya imun kita tetap harus terjaga," jelas Pudji.[hs/kp]