Ngaku Kerabat Jenderal Polisi, Seorang Remaja di Tangsel Menolak Ditindak Karena Kedapatan Melanggar Prokes

Ngaku Kerabat Jenderal Polisi, Seorang Remaja di Tangsel Menolak Ditindak Karena Kedapatan Melanggar Prokes

Tangerang - Ramai di media sosial video seorang remaja berinisial RMBF (21) melawan petugas saat kedapatan melanggar dalam operasi razia masker di Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa (6/7/2021).

Kepada petugas gabungan yang melaksanakan razia, remaja tersebut mengaku sebagai keluarga Jenderal Polisi di Satker Korlantas Polri.

"Bintang dua, Korlantas," ujar remaja tersebut di video.

"Iya saya tahu. Nih saya di TNI nih," kata salah seorang anggota TNI menanggapi pernyataan remaja tersebut.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengkonfirmasi bahwa RMBF bukan kerabat atau saudara dari pejabat di Korlantas.

"Nggak ada (saudara pejabat di Korlantas). Ngaku-ngaku aja. Melanggar ya harus ditindak," ujar Istiono saat dimintai konfirmasi, Selasa (6/7/2021).

RMBF pun kini telah diamankan oleh Polres Tangerang Selatan, dan statusnya ditetapkan sebagai tersangka atas sangkaan melanggat  Undang-Undang Wabah Penyakit Menular.

"Terhadap yang bersangkutan kami kenakan UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular dan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan serta Pasal 216 ayat 1 KUHP yang ancaman maksimal 1 tahun," ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di kantornya, Tangerang Selatan, Rabu (7/7/2021).

Iman menegaskan, penetapan tersangka itu bertujuan untuk memberikan efek jera sekaligus sebagai contoh. Iman berharap  masyarakat tidak ikut meniru perbuatan tersebut, serta lebih mentaati protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

"Hal ini kami lakukan untuk memberikan ketegasan, bahwa penegakan hukum harus dilakukan demi menyelamatkan masyarakat dari wabah pandemi COVID-19. Sebagaimana sering kita dengar 'salus populi suprema lex esto'," tegas Iman.

Bersamaan dengan itu, Iman juga menjelaskan bahwa tersangka sudah cukup umur.

"(Usia) 21 tahun," imbuhnya.[hs/kp]