Musrenbang Polri 2021 Dukung Penuh Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Musrenbang Polri 2021 Dukung Penuh Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Jakarta - Kapolri Listyo Sigit Prabowo membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri 2021 yang diselenggarakan di Mabes Polri, di Jakarta, Selasa (8/6/2021). Kegiatan Musrenbang Polri 2021 ini merupakan kelanjutan dari Musrenbang Nasional (Musrenbangnas) 2021 yang dilaksanakan Mei lalu.
Kapolri menyampaikan, pihaknya bersama jajarannya berkomitmen dalam upaya penguatan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19.
"Musrenbang Polri 2021 merupakan tindak lanjut dari hasil Musrenbang Nasional tahun 2021. Kegiatan ini adalah momen yang tepat bagi Polri untuk melakukan konsolidasi guna memantapkan arah pembangunan Polri, serta mendukung program pembangunan nasional dalam upaya pemulihan ekonomi dan reformasi struktural," ujar Kapolri dalam penyampaian sambutannya. 
Sigit berharap Musrenbang Polri 2021 ini sebagai momen untuk membangun Polri yang lebih baik lagi ke depannya. Untuk itu Sigit berharap kegiatan ini menghasilkan output yang konstruktif bagi pembangunan dan pengembangan organisasi Polri.
"Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan berbagai saran dan masukan yang membangun sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan arah pembangunan Polri ke depan demi terwujudnya postur Polri yang Presisi," katanya.
Kegiatan internal Musrendang Polri 2021 ini dihadiri Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel, serta sejumlah para Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri. 
Pelaksanaan acara ini dilakukan secara offline maupun online alias virtual yang melibatkan 34 Polda di seluruh Indonesia. Total peserta kegiatan ini sebanyak 1.136 orang.
Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebutkan, Musrenbang Polri 2021 juga dimaksudkan untuk menyusun Rencana Kerja Polri Tahun Anggaran 2022. Rusdi juga menjelaskan, dalam kegiatan ini turut diundang pejabat-pejabat eksternal, dengan harapan dapat memperkaya hasil Musrenbang Polri 2021.
"Dalam Musrenbang ini, ada kegiatan tukar pikiran, ada berdiskusi. Polri menerima masukan dari seluruh satuan kerja yang ada di Polri dalam rangka penyusunan rencana kerja tahun 2022," ucap Rusdi secara terpisah kepada wartawan.
Menurut Rusdi, Polri berharap Musrenbang ini menjadi forum diskusi yang melibatkan banyak pihak, dalam rangka mengusung satu kebijakan dan strategi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri tahun 2022.
Selain dari kalangan internal, Musrenbang Polri Tahun 2021 ini juga dihadiri oleh pejabat dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Kementerian Keuangan, Badan Anggaran DPR RI, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
"Dan kegiatan-kegiatan pada Musrenbang ini untuk memperkaya dari pada yang akan dilakukan Polri tahun 2022. Terdapat narasumber internal dan juga narasumber eksternal dari beberapa pejabat. Di antaranya dari Badan Anggaran DPR RI, Bappenas RI, Kemenkeu, Kemen PAN RB, dan juga pejabat dari BPK RI. Itu yang akan menjadi narasumber yang akan memperkaya daripada hasil Musrenbang Polri 2021," imbuh Rusdi. [kp/hs]