Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Komitmen Polri Junjung Tinggi HAM dan Nilai Demokrasi

Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Komitmen Polri Junjung Tinggi HAM dan Nilai Demokrasi

JAKARTA - Korps Bhayangkara bekerjasama dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komnas HAM, dan BRI menggelar Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (10/12/2021). Kegiatan ini, juga dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia yang jatuh pada hari ini.

 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan pembukaan acara mengatakan, diselenggarakannya lomba tersebut, merupakan wujud dari komitmen Polri dalam menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai dalam sistem demokrasi di Indonesia. Salah satunya adalah memberikan wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan ekspresi dan pendapatnya.

 

ā€œDalam kesempatan hari HAM ini kami, Polri, berusaha memberikan suasana lain dengan menyelenggarakan lomba unjuk rasa Piala Kapolri tahun 2021. Kegiatan kali ini merupakan komitmen dari Polri dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia dan nilai-nilai demokrasi dengan memberikan wadah atau ruang dalam menyampaikan aspirasi,ā€ kata Kapolri.

 

Kapolri juga menyampaikan apresiasi kepada Komnas HAM, Kompolnas, elemen buruh, aktivis HAM, mahasiswa dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan lomba orasi unjuk rasa ini. Kegiatan ini, juga dinilai oleh dewan juri yang memiliki kapabilitas dan kompetensi.


Berikut daftar pemenang dari Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 Piala Kapolri:

1. Juara 1, dari Provinsi Jawa Timur dengan perolehan nilai sebanyak 3.458. Juara 1 lomba tersebut mendapatkan uang tunai sebesar Rp175 juta.

2. Juara 2, dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Juara 2 mendapatkan hadiah sebesar Rp150 juta.

3. Juara 3, dari Provinsi Sumatera Barat dengan perolehan nilai sebesar 3.163. Peserta lomba tersebut mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp125 juta.

4. Juara harapan 1, dari Maluku Utara dengan perolehan nilai sebesar 3.124. Mereka mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp90 juta.

5. Juara harapan 2, dari Provinsi Sulawesi Selatan dengan perolehan nilai sebanyak 3.119. Mereka juga mendapatkan hadia uang tunai sebesar Rp75 juta.

6. Juara harapan 3, dari Kalimantan Timur dengan perolehan nilai sebanyak 2.333. Mereka juga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp60 juta.