Laporan MS kepada Polisi, Ini Respon Kompolnas

Laporan MS kepada Polisi, Ini Respon Kompolnas

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyarankan, Polri menangani laporan kasus dugaan  perundungan yang dialami korban MS karyawan di kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) sebagaimana dalam Peraturan Kapolri.

Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim menyampaikan, penanganan atas laporan polisi yang dilaporkan MS, di Polres Metro Jakarta Pusat agar dilakukan secara profesional, akuntabel, dan transparan berkeadilan.

Baik pelapor maupun terlapor harus diperlakukan secara profesional dan akuntabel,” ujar Yusuf, Jumat (3/9/2021)

Yusuf mengatakan, langkah hukum membuat laporan polisi dari yang mengaku korban pelecehan seksual itu sudah tepat.

”Siapa pun yang melihat, mendengar, dan mengalami peristiwa pelanggaran termasuk dugaan tindak pidanamemilik hak untuk melaporkan kepada pihak kepolisian,” kata Yusuf.

Yusuf melanjutkan, apalagi sebelumnya pelapor terduga korban tersebut telah membuat pengaduan ke lembaga di luar kepolisian.

“Respon kepolisian akan melakukan penyelidikan, sebagaimana ditegaskan oleh Kabareskrim Komjen Agus Andrianto terhadap laporan tersebut juga sudah tepat,” ucap Yusuf.

Yusuf menjelaskan, hal demikian dapat dikatakan sebagai arahan Kabareskrim kepada penyidik, dengan adanya laporan tersebut agar secepatnya dikeluarkan surat perintah penyelidikan.

Kami sangat apresiatif atas penegasan Kabareskrim tersebut,” ujarnya. [fer/zf]