Kompolnas Soroti Kasus Persetubuhan Oknum Brimob di Maluku Utara

Kompolnas Soroti Kasus Persetubuhan Oknum Brimob di Maluku Utara

Ternate – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyoroti Kasus persetubuhan yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Maluku Utara (Malut) Bripda IL terhadap anak di bawah umur.

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, bahwa kasus ini  terjadi pada tanggal  7 April 2022 dan dilaporkan pada tanggal 12 Mei 2022 ternyata masih dalam tahap penyelidikan.

Kompolnas berharap penyidik dapat memaksimalkan penggunaan scientific crime investigation.  Dengan menerapkan scientific crime investigation ini, diharapkan dapa mengungkap kasus tersebut agar hasilnya meyakinkan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Kompolnas juga mengharapkan agar Polres Ternate segera memberikan kepastian hukum dalam kasus ini. 

“Korban adalah anak-anak yang seharusnya dilindungi oleh semua pihak, terutama oleh Kepolisian,” Tegasnya.

Selanjutnya, Poengky juga mengatakan, jika Kompolnas juga berharap agar Propam Polda Malut untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap terlapor untuk melihat ada tidaknya pelanggaran etik yang dilakukan terlapor. 

Sementara itu, Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit melalui Kasi Humas, Ipda Wahyuddin saat dikonfrimasi mengatakan, kasus dugaan persetubuhan dengan terlapor IL atau Oknum Brimob, penyidik sudah bekerja secara maksimal. 

“Untuk hasil penyelidikannya sudah maksimal,” imbuhnya. 

Bahkan menurutnya, dalam kasus tersebut, dalam waktu dekat penyidik Reskrim Polres Tenate berencana untuk melakukan gelar perkara.

“Direncanakan dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara untuk menentukan langkah penyidik selanjutnya,” pungkasnya.