Kompolnas Soroti Kasus Persekusi oleh Seorang Oknum Polisi kepada Tetangganya

Kompolnas Soroti Kasus Persekusi oleh Seorang Oknum Polisi kepada Tetangganya

JAKARTA - Dugaan perbuatan persekusi yang dilakukan Kombes Pol Kurniadi kepada salah satu warga di Perumahan Kota Wisata, Cluster Den Haag, Gunung Putri  Bogor, mendapat sorotan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Sangat memprihatinkan terhadap persoalan antara Kombes Pol Kurniadi dan tetangganya yang bernama Lira. Bisa saja antara keduanya dipandang sedang terjadi perselisihan sesama warga di daerah tempat tinggalnya. Jika benar demikian tentunya dapat diselesaikan oleh kedua belah pihak dengan komunikasi dan dialog yang baik. Tidak harus berujung kepada upaya hukum,”ungkap Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim, Sabtu (21/8/2021).

Yusuf menyampaikan, siapa pun warga masyarakat berhak untuk membuat laporan atau pengaduan kepada pihak kepolisian apabila menyaksikan dan mengalami ada dugaan pelanggaran, seperti yang dialami warga tersebut.

“Kompolnas mendorong Propam dan bagian penerimaan laporan polisi bagaimana pun tidak bisa menolaknya. Pelayanan terhadap warga tersebut harus diberikan. Hanya saja, apabila persoalan kedua belah pihak murni ada cekcok dalam bertetangga, sepatutnya bisa diupayakan untuk mediasi dengan pendekatan restorative justice. Tetapi apabila terdapat unsur pelanggaran kode etik profesi dan pidana, maka pengaduan dan laporan tersebut sepatutnya diproses,” ujarnya.

Yusuf mengatakan, dirinya meminta kepada pimpinan Polri untuk mengingatkan anggotanya, harus berhati-hati dalam menempatkan diri di mana pun dan kapan pun, baik sedang melaksanakan tugas maupun sedang tidak melaksanakan tugas. Karena pada saat ini masyarakat sudah sangat melek  informasi. Mereka paham apa yang harus dilakukan ketika melihat dan merasakan adanya suatu pelanggaran, termasuk pelanggaran kode etik profesi.  [fer/zf]