Kompolnas Soroti Kasus Pencurian Puluhan Domba yang Menghebohkan Warga Depok

Kompolnas Soroti Kasus Pencurian Puluhan Domba yang Menghebohkan Warga Depok

DEPOK - Warga Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, Jawa Barat dihebohkan dengan aksi pencurian puluhan ekor domba, Selasa (11/1/2022).

Menurut informasi dari warga sekitar, kejadian pencurian domba tersebut kerap kali terjadi. Berdasarkan pengakuan warga, kejadian terakhir empat ekor domba disembelih maling dan hanya disisakan jeroan di dalam kandang.

Meski sudah berulang kali terjadi, korban si pemilik domba enggan melaporkan ke pihak kepolisian. Korban beralasan jika melapor ke polisi akan berbeli-belit.

Kasus pencurian domba yang menggegerkan warga Depok tersebut sampai diketahui Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan memberikan tanggapan terhadap adanya kasus tersebut.

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti menyampaikan, pihak kepolisian seharusnya pro aktif dalam upaya melakukan tindakan penyelidikan tanpa harus menunggu adanya laporan dari korban.

"Kepolisian harus pro aktif melakukan penyelidikan tanpa harus menunggu laporan. Diharapkan para pelakunya dapat segera tertangkap jika dibantu dengan adanya saksi-saksi dan bukti-bukti," tegas Poengky.

Lebih lanjut Poengky menyebutkan, kepolisian seharusnya juga rajin melakukan patroli rutin dalam upaya pencegahan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kepolisian setempat diharapkan menggalakkan patroli keamanan secara berkala di seluruh wilayah untuk mencegah terjadinya kejahatan," jelas Poengky.

Selain itu, Poengky menghimbau masyarakat untuk lebih menggiatkan sistem keamanan lingkungan, seperti contohnya melakukan ronda secara bergilir, serta memasang CCTV di wilayah yang rawan pencurian.

"Disertai dengan pemasangan CCTV di wilayah tersebut, terutama di tempat-tempat rawan pencurian," pungkasnya. [zf/kp]