Kompolnas: Silatuhrami Kapolda Maluku Bersama Ketua NU dan Sinode GPM, Konsolidasi Kekuatan Civil Society dengan Negara

Kompolnas: Silatuhrami Kapolda Maluku Bersama Ketua NU dan Sinode GPM, Konsolidasi Kekuatan Civil Society dengan Negara

JAKARTA - Kunjungan silatuhami Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol, Lotharia Latif, didampingi Pejabat Utama Polda Maluku, bertemu dan berbincang langsung bersama Ketua  Nahdatul Ulama (NU) Wilayah Maluku Drs. Karnusa Serang dan Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pdt. Elifas Tomix Maspaitella, pada Kamis (13/1/2022) kemarin, diapresiasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Menurut Anggota Komponas, H. Mohammad Dawan mengatakan, pertemuan siltuhrami Kapolda Maluku dengan pimpinan NU dan Sinode GPM, merupakan langkah yang sangat tepat, strategis, dan akan menguatkan konsolidasi Kamtibmas, di tengah Pandemi Covid-19

“Apa yang diikhtiarkan Kapolda yang baru mendapat tugas di wilayah Maluku dengan mengunjungi kelompok agamawan dan kelompok elemen masyarakat lainnya adalah sangat tepat, strategis, dan akan menguatkan konsolidasi Kamtibmas di wilayah itu,” ungkap Gus Dawam sapaan akrab. H. Mohammad Dawam, Jumat (14/1/2022).



Dawam berharap, agenda kunjungan silatuhrami Kapolda Maluku, ke pimpinan agama di Maluku, sebaiknya memang dilakukan, dioptimalisasikan dan dikonsolidasikan antara kekuatan civil society dengan negara dalam membangun, bekerja sama berbagai hal dalam persepektif pembangunan manusia dan dalam konteks antisipasi tantangan dan gangguan sosial demi keutuhan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, perlu diapresiasi, dan hal ini juga akan berpotensi terbangunnya ruang dialog masyarakat dengan pemerintah, dalam hal ini Polda Maluku. Sehingga keran komunikasi positif akan terjalin dengan baik dan terukur.

“Sebagai Anggota Kompolnas, saya perlu mengapresiasi langkah strategis dan positif seperti yang dilakukan oleh Kapolda Maluku, dan juga sekaligus mengajak seluruh pemimpin kewilayahan hukum di kepolisian, di semua daerah untuk meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk kepada ormas keagamaan, tokoh masyarakat, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri yang kian hari semakin meningkat,” himbaunya.

Dawam juga berharap, agar Polda Maluku dapat meningkatkan fungsi pelayanan, fungsi pengayoman, fungsi perlindungan, hingga fungsi penegakan hukum yang dilakukan Polri di seluruh Indonesia. Hal demikian sekaligus untuk menekan angka kejahatan terutama di era pandemi ini.

“Berharap Tuhan memberi kemudahan dan kesehatan kepada seluruh anggota Polri yang menjalankan tugas tugas negara ini,” ucapnya. [ferdi/zf]