Kompolnas Sarankan Kapolri Contoh Reformasi Kepolisian Hong Kong dan Georgia

Kompolnas Sarankan Kapolri Contoh Reformasi Kepolisian Hong Kong dan Georgia

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyarankan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencontoh gaya reformasi kepolisian Hong Kong dan Georgia.

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, kedua negara tersebut berhasil memperbaiki citra kepolisian mereka dalam hal pembenahan integritas anggota.

"Kita melihat contoh-contoh keberhasilan reformasi kepolisian di negara lain. Misalnya Hong Kong dan Georgia, polisi yang di masa lalu korup berhasil menjadi bersih dengan adanya hukuman yang tegas kepada pelaku, kesejahteraan ditingkatkan, serta modernisasi sarana prasarana yang sekaligus dapat memperlancar pelayanan sekaligus mengawasi kinerja anggota," kata Poengky, Sabtu (6/11/2021).

Poengky juga menjelaskan, kedua negara tersebut selain meningkatkan pengawasan terhadap anggota yang bertugas, mereka juga memberikan sebuah reward bagi anggota yang berprestasi. Namun demikian, sanksi tegas juga ditegakkan bagi anggota yang melanggar.

Lebih lanjut, sejatinya menurut Poengky, Indonesia memiliki polisi yang bersih dan terintegritas. Namun bagai “nila setitik, rusak susu sebelanga”, perilaku sejumlah oknum bandel merusak citra Polri yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, Poengky menghimbau seluruh anggota kepolisian untuk menjadikan Jenderal Hoegeng jadi salah satu teladan mereka. Di mana Jenderal Hoegeng mampu menampilkan perilaku yang bersih, jujur, dan sederhana.

"Jika teladan Jendral Hoegeng dapat ditiru dan dilaksanakan seluruh anggota Polri saat ini, maka Polri akan makin dicintai masyarakat," pungkasnya. [zf/kp]