Kompolnas Sambut Baik Polisi Tangkap MK Tersangka Penista Agama

Kompolnas Sambut Baik Polisi Tangkap MK Tersangka Penista Agama

JAKARTA - Youtuber berinisial MK terduga kasus penistaan agama berhasil dibekuk Bareskrim Polri di Bali disikapi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dengan meminta kepada Polri agar proses penyidikan berjalan lancar dengan dukungan penyidikan berbasis ilmiah (scientific crime investigation).

“Kompolnas menyambut baik status MK menjadi tersangka dan sudah ditangkap. Meski kami masih belum tahu pasal-pasal apa saja yang disangkakan kepada yang bersangkutan, kami berharap proses penyidikan berjalan lancar dengan dukungan scientific crime investigation,” ungkap Juru Bicara Kompolnas, Poengky Indarty, Rabu (25/8/2021)

Sementara itu, Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim dalam keterangan tertulis menambahkan, sudah tepat langkah cepat Bareskrim Polri menangkap Muhammad Kece tersangka penista agama.

“Tegakan hukum yang sama bagi siapa pun penista agama seperti mereka yang telah terpidana dalam menista agama melalui IT,” ujar Yusuf , Rabu (25/8/2021).

Yusuf menuturkan, jika ada yang menghendaki upaya restotative justice, itu kurang tepat.  Baginya, sebagaimana kasus-kasus serupa penistaan agama telah dipidana. Hal ini juga bukan yang dimaksud dalam Surat Edaran Kapolri bahwa pelanggaran UU ITE yang dapat dilakukan upaya keadilan restoratif.

“Karena penistaan agama termasuk penghinaan yang berunsur SARA, berpotensi memecah belah bangsa,” ujarnya.

Yusuf mengatakan, dalam kasus yang sama sebelumnya, Joseph Paul Zhang tersangka penistaan agama yang sampai hari ini masih berstatus buron, tentunya Kompolnas sangat berharap kepada Bareskrim juga segera menangkapnya.

“Kinerja pelacakan jejak buronan tersebut melalui Interpol diharapkan semakin ditingkatkan, agar sesegera mungkin keberadaan buronan tersebut terungkap,” harapnya. [fer/zf]