Kompolnas Sambut Baik Adanya Gerai Vaksin Gratis Presisi

Kompolnas Sambut Baik Adanya Gerai Vaksin Gratis Presisi

JAKARTA –  “Ketenangan masyarakat perlu dibangun oleh Anggota Polri dalam tugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat melalui perannya mengatasi pandemi Covid-19 saat ini.”

Ungkapan tersebut disampaikan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim dalam acara vaksinasi Covid-19 gratis di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Senin (2/8/2021).

Kompolnas menyambut baik kegiatan Satkes Pusdokkes Mabes Polri yang mengadakan vaksinasi gratis kepada seluruh masyarakat demi mencapai pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Berlokasi vaksinasi Covid-19 berada di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Palatehan II, RT1/RW1. Satkes Pusdokkes Mabes Polri melaksanakan vaksinasi gratis setiap hari dari pukul 08.00 wib hingga 11.00 wib bertempat di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 yang bermottokan “Gerakan Vaksinasi Merdeka” ini dilakukan setiap hari, yakni Senin-Minggu, mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Target sasaran penerima vaksin adalah 300 orang per hari. Berikut syarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19: 1. Terbuka untuk seluruh WNI, 2. Usia lebih dari 18 tahun 3. Membawa fotokopi KTP, 4. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac, 5. Pemberian vaksin 2 kali, pemberian dengan interval minimal 28 hari, 6. Tetap gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, kurangi mobilitas dan hindari kerumunan.

Vaksin gratis ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti. 

“Kegiatan demikian akan membuat terciptanya ketenangan dan ketenteraman masyarakat,” kata Yusuf.      

Kegiatan diselenggarakan ini menindaklanjuti instruksi Kapolri, Minggu (1/8/2021), meminta seluruh Kapolda beserta jajarannya untuk melakukan percepatan vaksinasi guna meraih target mencapai target 70 persen sebagai hadiah di Hari Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti.

Selain di Mabes Polri, ‘Gerakan Vaksinasi Merdeka‘ di Jakarta juga diselenggarakan di 668 titik gerai vaksinasi yang tersebar di 900 RW, yang berada di Jakarta dengan melibatkan 4.500 relawan yang terdiri dari 1.800 orang tenaga medis, dokter pelaksana screening dan vaksinator. Dan 2.700 orang non tenaga medis, observator, dan input administrasi.

Dengan vaksinasi, penyaluran bansos, serta sosialisasi dan edukasi prokes oleh Polri, Kompolnas berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan ketenangan kepada masyarakat

“Vaksinasi, penyaluran bansos, serta sosialisasi dan edukasi prokes oleh Polri semoga dapat memberikan ketenangan masyarakat,” ujar Yusuf. [zf]

Reporter: Pradana