Kompolnas: Polri Tengah Lakukan Penyelidikan Dugaan Kasus Penistaan Agama oleh Kece

Kompolnas: Polri Tengah Lakukan Penyelidikan Dugaan Kasus Penistaan Agama oleh Kece

JAKARTA - Terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku bernama Muhammad Kece dalam akun kanal youtube-nya dan menjadi sorotan publik pada saat ini. Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti meminta publik untuk bersabar dan menunggu penyelesaian hukum untuk kasus tersebut.

“Kita tunggu. Polri masih melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan beberapa pihak,” kata Poengky, Senin (23/8/2021).

Poengky menyampaikan, sejumlah lembaga telah berkoordinasi dengan Polri menyangkut penanganan kasus tersebut.

Mengenai aturan perundang-undangan, Poengky mengatakan kepolisian sudah mempunyai aturan perundang-undangan, seperti Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan KUHP, kata Poengky, ada juga Surat Edaran (SE) Kapolri Nomor 6/X/2015, serta SE2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif.

Poengky mengingatkan, isi SE tersebut memang menekankan soal pendekatan keadilan restoratif (restorative justice), namun keadilan restoratif bukan tidak ada batasnya.

“Jika melihat SE Kapolri, untuk kasus yang berpotensi memecah belah, tidak bisa dilakukan restorative justice (keadilan restoratif),” ujar Poengky. [zf]