Kompolnas:  Polri Rahasiakan Hasil Pemeriksaan Kapolda Sumsel Tidak Langgar Aturan

Kompolnas: Polri Rahasiakan Hasil Pemeriksaan Kapolda Sumsel Tidak Langgar Aturan

Jakarta - Kasus dana sumbangan fiktif keluarga Akidi Tio masih belum menemukan titik terang. Kini Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri telah melakukan proses pemeriksaan terkait kasus sumbangan fiktif tersebut.

Namun Polri enggan membeberkan kepada publik hasil pemeriksaan terhadap Kapolda Sumsel. Hal ini tentu saja akan menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berpendapat bahwa, sikap Polri yang enggan untuk membeberkan hasil pemeriksaan tersebut, dinilai tidak bertentangan dengan hukum.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyebutkan, bahwa sudah diatur hasil Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus (Wasriksus) sejatinya hanya disampaikan kepada Kapolri.

"Tim tidak dapat menyampaikan hasil pemeriksaan kepada publik. Pemeriksaan tersebut harus dilaporkan kepada Kapolri," kata Poengky Rabu (11/8/2021).

Adapun aturan Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus (Wasriksus) ini diatur dalam Perkap Nomor 6 tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pemeriksaan Khusus di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Poengky menambahkan, aturan tersebut diatur dalam beleid Pasal 3 tentang prinsip-prinsip dalam Perkap Wasriksus pada huruf H.

"Dalam pasal itu, memang menyatakan bahwa pemeriksaan Wasriksus ini menghargai nilai dan kepemilikan informasi yang diterimanya serta tidak mengungkapkan informasi tanpa otorisasi yang memadai kecuali diharuskan oleh peraturan perundang-undangan," imbuh Poengky.

Di lain kesempatan, Kepala Divisi Humas Polri Irjen pol Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya enggan membeberkan hasil pemeriksaan terhadap Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri terkait kasus dana sumbangan fiktif Rp2 triliun. Dikarenakan, kasus tersebut merupakan masalah internal Polri. Hasil pemeriksaan nantinya hanya dilaporkan kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Purnomo.

"Itu adalah masalah internal ya. Nanti hasilnya dilaporkan ke Bapak Kapolri," ujar Argo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/8/2021). 

Argo juga menyampaikan, hasil pemeriksaan Kapolda Sumsel tidak bisa disampaikan terbuka ke hadapan publik.

"Tidak bisa kami sampaikan, karena berkaitan dengan internal kepolisian," jelas Argo.

Selain itu, Argo menambahkan, pemeriksaan terhadap keluarga Akidi Tio diserahkan ke Polda Sumsel.

"Nanti dari penyidik Polda Sumatera Selatan akan melihat di sana, apakah yang bersangkutan itu telah dilakukan penyelidikan akan memenuhi unsur daripada yang dipersangkakan ya," pungkasnya.[zf/kp]