Kompolnas - Polri Gelar Rakorwas Tahun 2022

Kompolnas - Polri Gelar Rakorwas Tahun 2022

Jakrata - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bersama Polri menggelar rapat koordinasi pengawasan (Rakorwas) bertempat di Opus Ballroom The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Tema yang diangkat dalam hajat tersebut adalah "Independensi Pengawasan Guna Perubahan Mind Set dan Culture Set dalam Penegakan Kode Etik Profesi untuk Wujudkan Polri yang Presisi".

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Dharmawati dan Komisi Nasional Disabilitas, hingga perwakilan beberapa menteri lainnya.

“Tentunya momentum Rakorwas kali ini menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan sinergitas, kerjasama, harmonisasi antar fungsi pengawas khususnya saat ini Kompolnas dan Kepolisian RI” ujar Kapolri dalam sambutannya, Rabu (27/7/2022).

Lebih lanjut, Kapolri menegaskan, Korps Bhayangkara akan terus lakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan Kepolisian yang berkualitas, cepat, mudah, inklusif, dan inovatif sesuai dengan tuntutan masyarakat.

“Sehingga apa yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki semuanya, sehingga terkait dengan sistem dan tata kelola pemerintahan yang baik kita betul-betul bisa efektif, efisien, transparan, akuntabel, tentunya bersih dan bebas dari KKN” imbuh Kapolri.

"Berkaitan dengan tema yang diusung Rakorwas kali ini merupakan bagian dari prioritas Polri dalam melakukan transformasi pengawasan menuju Polri yang Presisi," lanjutnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu berjanji, Polri akan terus berupaya mengembangkan dan mengoptimalkan Fungsi pengawasan baik internal maupun eksternal.

“Karena kita ingin Polri ke depan ini menjadi baik, ini komitmen kita bahwa Polri tidak anti kritik dan kita harus terus melakukan perubahan” tegas Kapolri.

Selain gelaran Rakorwas, dalam kesempatan tersebut Kompolnas juga menandatangani kesepakatan bersama dengan beberapa  instansi yang lain, diantaranya Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSRE), Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KEMENPPPA).