Kompolnas: Perlu Kajian Mendalam soal Propam Sidik Pidana

Kompolnas: Perlu Kajian Mendalam soal Propam Sidik Pidana

JAKARTA – Pengajuan Div Propam Polri kepada Kapolri mengenai kewenangan bisa melakukan penyidikan kasus pidana anggota polisi dianggap perlu kajian yang mendalam.

Kompolnas, melalui juru bicaranya, Poengky Indarti menyampaikan, jika Propam diberikan kewenangan menyidik kasus pidana anggota dikhawatirkan bisa berbenturan dengan fungsi Reskrim. Oleh karena, saat ini Reskrim yang melakukan tugas menyidik kasus pidana.

“Kalau Propam diberi kewenangan memeriksa tindak pidana, dikhawatirkan ada duplikasi kerja Reskrim, meski yang diperiksa adalah anggota yang diduga melakukan tindak pidana, tetapi hal tersebut menunjukkan eksklusivitas proses pidana bagi anggota,” ujar Poengky, Kamis (3/1/2022).

Berbeda dengan Polisi Militer (POM) yang memiliki kewenangan menyidik pelanggaran etik dan tindak pidana anggota TNI, karena di tubuh TNI tidak ada bagian Reskrim dalam tubuh Polri. Sehingga tidak ada kesamaan tugas dengan badan lain.

“Perlu kajian mendalam dulu, perlu dipertimbangkan dulu potensi manfaat maupun potensi masalahnya sebelum diputuskan,” jelas Poengky. []