Kompolnas: Peluncuran Aplikasi Monitoring Karantina PRESISI Merupakan Respons Cepat Polri terhadap Arahan Presiden

Kompolnas: Peluncuran Aplikasi Monitoring Karantina PRESISI Merupakan Respons Cepat Polri terhadap Arahan Presiden

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyambut baik adanya Launching Aplikasi Monitoring Karantina Presisi yang diluncurkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim menilai aplikasi tersebut merupakan respons cepat Polri terhadap arahan Presiden.

“Kompolnas tentu sangat mendukung hal ini. Dengan demikian, sangat nyata bagaimana Polri terus berperan aktif dalam menanggulangi dan pengendalian pandemi Covid-19,” ujar Yusuf, Senin (10/01/2022).

Bagaimana pun, kata Yusuf, pelaksanaan karantina terhadap bagi WNI yang kembali dari perjalanan luar negeri bisa benar-benar efektif di lapangan. Dia mengatakan, efektivitas tersebut sangat memerlukan pengawasan.

“Pelaksanaan karantina mesti dibuat dengan pengawasan yang ketat dan sungguh-sungguh,” pesannya.

Yusuf mengharapkan, penerapan aplikasi monitoring karantina Presisi sangat diharapkan mampu mengawasi warga yang mendapatkan karantina. Terutama terhadap para pelaku perjalanan internasional untuk menjalani karantina berdasarkan dengan aturan.

“Barangkali sebelumnya, ada warga yang tidak sungguh-sungguh menjalani karantina. Misalnya saja, warga yang karantina di hotel-hotel. Karena lemahnya pengawasan, pelaksanaan karantinanya tidak sesuai atuaran. Katakanlah tercatat 7 hari, tapi dalam faktanya 4 hari, sisa 3 harinya hanya dalam catatan karena pelaku karantina telah kembali ke kediamannya tanpa diketahui,” pungkasnya. [fer/zf]