Kompolnas Pantau Kondisi Irjen Ferdy Sambo

Kompolnas Pantau Kondisi Irjen Ferdy Sambo

Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengungkapkan kondisi terkini Irjen Ferdy Sambo pasca peristiwa baku tembak di rumahnya, kawasan Duren Tiga, tiga minggu silam.


Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim mengatakan, kondisi Sambo saat ini baik-baik saja dan terus memantau perkembangan kasus tersebut.

 

"Kondisinya dia memantau, dia melihat, memantau perkembangannya, dan bersiap diri barangkali untuk terus dimintai konfirmasi, kondisinya kan seperti itu," kata Yusuf ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Selajutnya, Yusuf mengatakan, bahwa Kompolnas saat ini sudah masuk dalam tim khusus yang telah dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sehingga, proses penelusuran tewasnya Brigadir J akan dilakukan bersama-sama dengan tim tersebut.

Oleh karena itu,  sejauh ini sikap Kapolri sudah cukup tepat dengan merespons harapan publik agar kasus ini dibuka sejelas-jelasnya. Salah satu langkah yang disorot Kompolnas adalah soal permintaan otopsi ulang Brigadir J yang akhirnya dikabulkan Kapolri.

"Pelakunya siapa kan harus benar-benar berdasarkan dua alat bukti. Kalau masih satu alat bukti belum bisa ditetapkan sebagai tersangka. Tentu inilah yang harus kita berikan kepercayaan kepada tim khusus, kepada penyidik Polda Metro Jaya, kepada Bareskrim dalam menetapkan proses hukum selanjutnya," ucap Yusuf.

Adapun insiden tewasnya Brigadir J hingga kini masih didalami oleh pihak kepolisian. Ada dua perkara yang tengah diungkap, pertama dugaan pelecehan seksual Brigadir J terhadap istri Ferdy Sambo yang diusut oleh Polda Metro Jaya.

Kedua, dugaan pembunuhan berencana yang dilaporkan pihak keluarga dan ditangani oleh Bareskrim Polri.

Tidak hanya di situ saja, perkara ini juga diselidiki oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) secara independen.