Kompolnas Minta Polri Waspada Gangguan Keamanan pada PON XX Papua

Kompolnas Minta Polri Waspada Gangguan Keamanan pada PON XX Papua

JAKARTA – Soal kesiapan pengamanan Polri pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2021 di Papua, mendapat perhatian serius Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas)

Kompolnas sempat melakukan monitoring dan supervisi ke Polda Papua pada bulan Juni 2021 untuk melihat kesiapan pengamanan PON XX.

Kami melihat pengamanan yang dilakukan Polda Papua sudah bagus. Polda nantinya akan di-back-up Mabes Polri dan polda-polda lain,” ungkap juru bicara Kompolnas Poengky Indarti, Jumat (13/8/2021).

Soal kelompok sipil bersenjata di Papua, Poengky menilai, mereka ada di wilayah pegunungan tengah dan lokasinya sangat jauh dari venue PON yang diselenggarakan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika, dan Merauke, sehingga tidak mengganggu pelaksanaannya.

“Meskipun demikian, Mabes Polri dan Polda Papua tetap harus waspada terhadap potensi-potensi gangguan dari kelompok manapun, termasuk dari jaringan teroris. Kerjasama yang baik dengan Tokoh-Tokoh Adat, Tokoh-Tokoh Agama, Tokoh-Tokoh Masyarakat, Tokoh-Tokoh Perempuan, serta sinergi kuat TNI-Polri harus ditingkatkan untuk menjaga pelaksanaan PON XX agar berlangsung aman, lancar dan sukses,” pesan Poengky. [fer/zf]