Kompolnas Minta Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Kakek Halim

Kompolnas Minta Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Kakek Halim

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengecam terjadinya pengeroyokan keji sehingga seorang kakek berusia 89 tahun harus kehilangan nyawa karena tertuduh maling mobil.

Peristiwa penganiayaan terhadap kakek bernama Wiyanto Halim (89) itu terjadi pada hari Minggu, (23/01/2022). 

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti meminta polisi segera menangkap dan memberikan hukuman berat untuk semua pelaku pengeroyokan tersebut.

"Kami mengecam tindakan main hakim sendiri yang berujung penganiayaan mengakibatkan meninggalnya pengemudi mobil. Padahal almarhum ternyata bukan pencuri mobil, para pelaku penganiayaan harus diproses pidana untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Poengky, Rabu (26/1/2022).

Menurut Poengky, pihak kepolisian yang saat itu berada di lokasi kejadian seharusnya dapat menghalau massa untuk mencegah penganiayaan itu tidak terjadi.

Oleh sebab itu, selain menangkap semua dan menjatuhkan hukuman berat kepada para pelaku, Kompolnas mendorong Propam memeriksa anggota yang saat itu melakukan patroli.

"Perlu dilakukan pemeriksaan oleh Propam terkait apa yang dilakukan anggota yang berada di mobil tersebut. Apakah anggota sudah cukup berupaya mencegah amuk massa?" ujarnya.

Poengky mengingatkan, polisi bertugas untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan memastikan keselamatan masyarakat karena sebagai pengayom. Tentu, diharapkan insiden serupa tak terulang kembali, dan polisi harus bekerja sesuai protap.

"Penerapan pasal pidana dengan sanksi tegas bagi para pelaku perlu diterapkan sebagai efek jera. Selain itu kepolisian setempat harus memaksimalkan patroli keamanan," pungkasnya. []