Kompolnas: Hukum Tertinggi di Masa Pandemi adalah Keselamatan Rakyat

Kompolnas: Hukum Tertinggi di Masa Pandemi adalah Keselamatan Rakyat

Medan - Tim Kompolnas berada di Polda Sumut. Keberadaan Kompolnas di Polda Sumut guna memonitoring pelaksanaan tugas Polri, salah satunya dalam Operasi Ketupat serta pos-pos penyekatan yang ada di wilayah Polda Sumut.

Tim Kompolnas RI yang hadir yaitu Komisioner Kompolnas RI Albertus Wahyurudhanto dan Yusuf Warsyim, dengan didampingi Julius Abdul Rahman dan Yozy Erfandi Pratama serta Peneliti Madya Vita Mayastinasari, Zulkarnaen Koto, dan AKBP Miftah Hadi Safii.

Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim melihat Operasi Ketupat 2021 yang dilaksanakan oleh Polda Sumut berjalan lancar dan masyarakat secara umum mengerti dan paham peraturan soal kebijakan pelarangan mudik ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, karena atas kesadaran mematuhi terkait dengan kebijakan pemerintah. Saya menghimbau kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan pemerintah yang dilaksanakan Polri semata-mata dalam rangka untuk menyelamatkan rakyat. Dan hukum yang tertinggi di masa pandemi (covid-19) ini adalah keselamatan rakyat," kata Yusuf. “Maka untuk itu semua, kebijakan pemerintah bisa didukung masyarakat dan masyarakat diharapkan untuk bekerja sama,” tutur Yusuf pada Senin (17/5).

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menuturkan angka terkonfirmasi covid-19 di Sumut mengalami peningkatan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442H. Polda Sumut juga terus berupaya melakukan langkah-langkah pencegah Covid-19.

“Kami melakukan berbagai upaya seperti vaksinasi massal yang akan di lakukan di 11 Polres dengan target 1.500 orang per Polres dimana sasaran utama adalah Lansia. Selain itu, kami juga menurunkan vaksinator Polri sebanyak 412 orang,” tutur Panca.

Selain itu, Polda Sumut telah melakukan sosialisasi di setiap daerah kepada tokoh agama terkait pelaksanaan Sholat Eid mempedomani Surat Edaran Menag No 7 Tahun 2021 serta untuk antisipasi malam takbiran Polda Sumut telah dilakukan patroli skala besar gabungan TNI-Polri.

Dalam rangka Operasi Ketupat, Polda Sumut juga telah menyiapkan Pos Pos Penyekatan yang berbatasan dengan wilayah Polda Aceh, Polda Riau, dan Polda Sumbar dan di tempat-tempat objek wisata seperti yang ada di Pantai Cermin Kab. Serdang Bedagai.

“Kami berharap langkah-langkah yang telah dilaksanakan Polda Sumut dengan melakukan KRYD dapat membantu mencegah penyebaran Covid- 19 sehingga perekonomian masyarakat juga dapa meningkat” tutup Panca. (ZF/ET/TO)