Kompolnas Harap Polri Piawai Tangkap Harun Masiku dan Joseph Paul Zhang

Kompolnas Harap Polri Piawai Tangkap Harun Masiku dan Joseph Paul Zhang

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyoroti kasus suap Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan bersama orang kepercayaannya yang juga mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridellina didakwa jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima suap sebesar Rp 600 juta. Suap tersebut terkait upaya pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR yang menyeret eks Caleg PDI-Perjuangan Harun Masiku.

Diketahui, Interpol Indonesia telah mengajukan permintaan red notice Harun Masiku ke Markas Besar Interpol di Lyon, Prancis. Red notice Harun Masiku telah terbit sejak sebulan yang lalu tanpa dipublikasikan kepada  khalayak ramai.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri sepakat tidak mempublikasikan red notice Harun Masiku tersebut dengan alasan guna mempercepat proses terbitnya surat pencekalan tingkat internasional.

Selaku lembaga pengawas fungsional Polri, Kompolnas meminta ketegasan dari Polri melalui Interpol untuk tidak berhenti melakukan pencaharian dan penangkapan terhadap buronan KPK Harun Masiku.

“Polri sudah tepat dan sapatunya mengeluarkan red notice terhadap Harun Masiku, buronan kasus dugaan korupsi. Polri melalui interpol diharapakan tidak berhenti melakukan pencarian buronan tersebut,” ujar Anggota Kompolnas Yusuf Warsyim, Jumat (13/8/2021).

Yusuf mengatakan, masyarakat sendiri sangat berharap Harun Masuki dapat segera ditangkap. Kejelasan dan kepastian keberadaan yang bersangkutan sudah sangat dinantikan.

“Harapan publik, saya kira sangat tinggi agar buronan Harun Masiku dapat ditangkap,” ucap Yusuf.

Yusuf menegaskan, selain buronan Harun Masuki,  pengejaran Jozeph Paul Zhang, yang mengaku nabi 26 dan tersangka penista agama tentu juga tidak boleh berhenti.

“Masyarakat sangat berharap keberadaan Joseph Paul Zhang dapat segera diungkap dan ditangkap,”harapnya.

Yusuf berharap, Polri dapat menunjukkan kepiawaiannya untuk dapat menangkap Harun Masiku dan Joseph Paul Zhang sebagaimana mengungkap dan menangkap buronan Djoko Tjandra. []