Kompolnas Harap Dirtipidsiber Bareskrim Polri Antisipasi soal Hoax dan Kejahatan Cyber

Kompolnas Harap Dirtipidsiber Bareskrim Polri Antisipasi soal Hoax dan Kejahatan Cyber

JAKARTAKomisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyampaikan pesan terkait Brigjen Asep Edi Suheri akan dilantik sebagai Direktur Tindak Pidana (Dirtipid) Siber Bareskrim Polri yang baru pada hari Selasa (10/8/2021).

Juru bicara Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, permasalahan yang menjadi tantangan yang harus dicermati belakangan ini yakni soal penyebaran hoax atau berita bohong yang marak dalam media sosial. Menurutnya, ini membutuhkan kebijakan preventif yang harus diperbuat Polri.

Poengky berharap, Dirtipidsiber nantinya bisa bekerja sama dengan satuan kerja lainnya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa membedakan dan tidak terpengaruh kabar hoax.

"Terkait Binmas, agar Bhabinkamtibmas bisa dibekali dan dikuatkan pengetahuannya tentang kejahatan siber, sehingga dapat mengedukasi masyarakat tentang konsekuensi hukum bagi pelaku penyebaran hoax dan mengedukasi agar masyarakat bisa membedakan mana hoax dan mana fakta," ujar Poengky, Selasa (10/8/2021).

Selain soal hoax, kata Poengky, Brigjen Asep juga harus bisa mengantisipasi kejahatan-kejahatan yang berhungan dengan dunia digital dan problem berbasis komputer.

Mengenai soal ini, ia mengharapkan Brigjen Asep dapat memperkuat penindakan melalui kerjasama dengan intelkam dan juga kerjasama internasional.

"Karena para pelaku kejahatan ini sering terjadi antar negara atau dilakukan warga negara asing," jelasnya.

Lebih lanjut, dia meminta adanya penguatan kemampuan siber di masing-masing kewilayahan. Lagi pula, kejahatan siber semakin variatif dan massif.

"Para penjahat perbankan, teroris, gembong narkoba, pornografi yang juga melibatkan anak-anak, dan penyelundupan manusia juga banyak berkomunikasi dengan jaringan menggunakan jaringan dalam komputer dan media sosial," tukasnya.

Diketahui, Brigjen Asep Edi Suheri ditugaskan sebagai Direktur Tindak Pidana (Dirtipid) Siber Bareskrim Polri menggantikan Brigjen Slamet Uliandi yang ditugaskan sebagai Kadiv TIK menggantikan Irjen Muktiono. Sedangkan Irjen Muktiono ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Utama Div TIK Polri.

Pelantikan tertuang dalam surat telegram nomor ST/1506/VII/KEP./2021 tanggal 26 Juli 2021 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri. [zf]