Kompolnas: Evaluasi Adakah Unsur Miras dan Narkoba Anak Geng Motor Pengeroyok Polisi

Kompolnas: Evaluasi Adakah Unsur Miras dan Narkoba Anak Geng Motor Pengeroyok Polisi

Jakarta – Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto menyampaikan kepada pihak kepolisian agar mengevaluasi adakah unsur pengaruh dari miras dan narkoba sehingga kelompok geng motor remaja berani menyerang seorang aparat kepolisian yang sedang melaksanakan tugas.

“Evaluasi adakah unsur miras dan narkoba, kemudian bisa diungkap semuanya. Ini sebagai pembelajaran dari aparat penegak hukum bagi yang lain bahwa ada tindakan tegas dari aparat kalau mereka nekat melakukan kerumunan, balap liar, dan sebagainya aturan tetap ditegakkan,” ujar Benny.

Benny mengatakan, walaupun mereka berusia remaja, aturan tetap harus ditegakkan, bahkan perbuatan mereka ini bisa dikenakan juga pelanggaran atas Undang-Undang Kesehatan di tengah PPKM Darurat pandemi Covid-19.

“Pertama, sanksi hukum. Apakah ada unsur pidana disangkakan terpenuhi dengan bukti-bukti,” jelasnya.

Selain itu ia menekankan pentingnya pengawasan orang tua, karena pelaku masih remaja.

“Kedua, harus melibatkan orang tua. Orang tua harus dipanggil dan harus tahu. Dari orang tua juga dimintai masukan, sejauh mana pengawasan kepada mereka,” sambung Benny.

Benny mengatakan, peristiwa ini sebagai peringatan bagi orang-orang tua yang mempunyai anak-anak remaja, agar mereka juga bertanggung jawab, untuk mengawasi dan membina anak-anaknya untuk tidak terlibat dalam aktivitas seperti ini.

“Soal proses selanjutnya bagaimana, apakah penahanan terus, apakah nanti ditangguhkan, dan lain sebagainya, itu menjadi pertimbangan tersendiri,” jelasnya. []


Sumber: https://youtu.be/sGpE6J-Cvck