Kompolnas Dukung Rencana Misi Kemanusiaan VVC di Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi

Kompolnas Dukung Rencana Misi Kemanusiaan VVC di Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendukung rencana misi kemanusiaan yang diprakarsai Volkswagen Van Club (VVC) yang diketuai oleh Pudji Hartanto bekerja sama dengan Lions Club Indonesia (LCI) dan Asuransi Bhakti Bhayangkara ke wilayah Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi Polda Sumbar.

 

“Semoga rencana kegiatan dalam rangka misi kemanusiaan yang bekerja sama dengan Kompolnas ini berjalan baik dan berkelanjutan. Selainitu sekaligus juga dalam rangka membina harkamtibmas. Kami akan melaporkan juga adanya kegiatan ini di setiap tahun," ujar Anggota Kompolnas Mohammad Dawam pada hari Kamis (18/11/2021) dalam acara Rapat Tindak Lanjut Bansos yang akan dilakukkan oleh VVC bekerja sama dengan Lions Club Indonesia, Kompolnas, dan Polda Sumbar.




 

Dalam acara rapat tersebut hadir Anggota Kompolnas H. Mohammad Dawam, Ketum Volkswagen Van Club Pudji Hartanto, Gubernur Distrik Lions Club Indonesia Rup N Gurbani, Dirut PT Asuransi Bhakti Bhayangkara Adjar Triadi, dan tim pamwal Korlantas Polri.

 

Selama ini VVC dikenal telah melakukan banyak peran aktif dalam kegiatan sosial. Pada masa pandemi covid-19, VVC turut menyumbang satu unit mobil volkswagen untuk kegiatan vaksinasi keliling di Jakarta. Terakhir, VVC bekerja sama dengan Lions Club dan Polresta Bogor Kota mengadakan kegiatan vaksinasi keluarga besar Ikatan Alumni (Iluni) SMAN 2 Bogor.

 

VVC merupakan wadah atau klub yang berisi pehobi kendaraan Volkswagen (VW) jenis kombi atau van. Berdiri pada tanggal 13 Oktober 1981 oleh 19 founder dan menjadi klub VW tertua di Tanah Air untuk VW Klasik. Hingga kini total anggota VVC berjumlah 520 (sesuai nomor lambung anggota).

 

Kegiatan utama VVC biasanya mencakup touring wisata keluarga ke berbagai lokasi wisata di pelosok negeri hingga menyambangi berbagai acara VW di berbagai daerah yang berskala nasional. Selain itu, VVC juga aktif melakukan kegiatan sosial bekerja sama dengan Yayasan Panti Jompo di seputaran Jabodetabek, bakti sosial bila ada bencana, donor darah, hingga penyelenggaraan pameran dan terlibat dalam kegiatan sport otomotif.

 

VVC juga memiliki beberapa anggota yang aktif dan kreatif dalam hal perawatan, perbaikan, restorasi kendaraan VW yang kini sudah berumur cukup lawas. Bahkan beberapa koleksi VW kombi anggota VVC juga turut aktif ikut dalam berbagai pameran khusus VW klasik yang diselenggarakan klub VW lainnya di daerah luar Jabodetabek.

 

Dalam kata sambutannya Ketum VVC yang juga Anggota Kompolnas Pudji Hartanto mengatakan, kegiatan bantuan sosial ini merupakan kegiatan VVC untuk bergerak bersama secara aktif guna mewujudkan VVC sebagai klub hobi otomotif yang terus hebat, sekaligus menjadi wadah silaturahmi, kreasi, rekreasi, dan memberikan bantuan sosial.

 

Rencana touring VVC ke wilayah Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi Polda Sumbar pada tanggal 23 November 2021 mendatang tercatat sebanyak 15 unit VW Kombi anggota VVC yang bersiap mengikuti kegiatan touring jarak jauh tersebut.

 

Rencana touring VVC yang kerjasama Lions Club Indonesia dan Asuransi Bhakti Bhayangkara tersebut juga membawa misi memberikan bantuan sosial VVC berupa pemeriksaaan kesehatan mata dan pembuatan kacamata untuk para pelajar yang tidak mampu di wilayah Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi Polda Sumbar.

 

Sementara itu, Presdir Lions Club Indonesia Rup N Gurbani mengatakan, kegiatan bansos ini merupakan sebuah gerakan sosial yang benar-benar konkret dalam pelayanan masyarakat.

 

“Kegiatan bansos ini merupakan kegiatan secara konkret untuk pelayanan masyarakat,’ ujar Gurbani.

 

Lions Club adalah organisasi pengabdian / pelayanan para relawan untuk masyarakat. Didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1917 dengan nama The International Association of Lions Clubs (Lions Clubs International) yang memiliki perwakilan di PBB.

 

Di Indonesia, Lions Club sudah mengabdi melayani masyarakat yang kurang beruntung sejak 18 November 1969 dengan nama Lions Club of Djakarta (Lions Club Jakarta Host) dan pada tanggal 1 Juli 1975 Lions Clubs Indonesia didirikan di Jakarta.

 

Lions adalah akronim dari

L  = Liberty,

I   = Intelligence,

O  = Our,

N  = Nations,

S  = Safety yang mengandung arti kebebasan, kecerdasan (untuk) keselamatan bangsa.

 

Di dalam lingkungan organisasi nirlaba di mana saja, para Lion dikenal sebagai anggota masyarakat yang selalu peduli dan siap melayani berbagai kepentingan masyarakat setempat, masyarakat suatu negara dan masyarakat dunia. Para Lion ini adalah pribadi-pribadi yang berasal dari berbagai lingkungan profesi, bangsa, dan agama yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Di tingkat lokal, para Lion bergabung dalam suatu Lions Club. Di Indonesia, seluruh Lions Club yang ada bergabung dalam Perkumpulan Lions Indonesia.

 

Sementara itu, Dirut PT Asuransi Bhakti Bhayangkara Adjar Triadi menyampaikan, mendukung baik kegiatan touring bansos ini.

 

“Kami memberi sponsor untuk seluruh perjalanan touring bansos ini dengan premi yang berlaku selama satu tahun,” ucap Adjar.

 

Asuransi Bhakti Bhayangkara merupakan perusahaan asuransi bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berfokus menghadirkan produk asuransi khusus untuk anggota Polri. Selain asuransi khusus untuk Polri, Bhakti Bhayangkara kini juga menyediakan pilihan produk asuransi untuk masyarakat sipil. Beberapa produk di antaranya adalah asuransi kecelakaan diri, asuransi harta benda, dan asuransi mobil. Salah satu produk unggulannya adalah asuransi mobil yang memberikan manfaat asuransi kecelakaan diri sekaligus (rider).

 

Acara Rapat Tindak Lanjut Bansos di Wilayah Polresta Padang dan Polresta Bukittinggi yang akan dilakukkan oleh VVC bekerja sama dengan Lions Club Indonesia, Kompolnas, dan Polda Sumbar ditutup dengan penyerahan secara simbolis asuransi AKDA Ekstra dan Stiker PT Asuransi Bhakti Bhayangkara. []