Kompolnas Dukung Kebijakan Kepolisian Perpanjang Penyekatan Arus Mudik

Kompolnas Dukung Kebijakan Kepolisian Perpanjang Penyekatan Arus Mudik

Jakarta- Polda Metro Jaya kembali memperpanjang masa penyekatan arus balik mudik lebaran ke Jakarta hingga 31 Mei 2021. Setelah sebelumnya diberitakan masa penyekatan berlaku sampai hari ini Senin 24 Mei 2021.

"Iya (penyekatan) diperpanjang sampai 31 Mei mendatang. Informasi sampai saat ini belum ada perintah untuk menghentikan penyekatan. Pokoknya kami siap untuk terus menjaga Jakarta tetap sehat," tutur Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Fadil Imran saat Jumpa Pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

Hari ini Fadil mengumpulkan seluruh jajaran anggota Bhabinkamtibmas Polres Metro Jakarta Pusat dan Jakarta Timur di JIExpo Kemayoran.

Fadil menegaskan kepada seluruh jajaran Polres untuk selalu mendukung upaya Pemerintah Provinsi dalam mengantisipasi meningkatnya kasus Covid-19 yang diakibatkan arus balik mudik.

"Saya minta kepada seluruh Bhabinkamtibmas bersama tiga pilar untuk berkolaborasi, bersinergi meningkatkan 3T (testing, tracing, treatment) berbasis komunitas," katanya.

Fadil juga memerintahkan kepada jajarannya untuk memastikan pemudik bebas Covid-19 dengan menempelkan stiker.

"Pendataan pemudik kemudian memastikan pemudik bebas Covid-19 dengan metode stiker agar dilaksanakan secara maksimal dan jika ada kasus reaktif atau positif setelah kembali harus mengambil langkah kuratif yang signifikan," imbuhnya.

Berkenaan dengan langkah yang ditempuh pihak kepolisian dalam menekan penyebaran Covid-19 melalui penyekatan arus balik, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan dukungan penuhnya.

Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto menegaskan bahwa Kompolnas sangat mengapresiasi kebijakan yang diterapkan oleh kepolisian. Hal itu diungkapkan Benny saat melakukan pemantauan pelayanan swab antigen drive thru secara gratis oleh Polda Metro Jaya, kepada masyarakat yang kembali ke Ibukota dan sekitarnya usai mudik lebaran.

"Kami dari Kompolnas memberikan apresiasi yang tinggi atas pelayanan ini dan pengorbanan serta jerih payah aparat dalam menangani arus balik ke Jakarta," kata Benny kepada wartawan, Senin (17/5).

Pada hari yang sama, Komisioner Kompolnas Irjen Pol (P) Drs. Pudji Hartanto Iskandar yang memonitor secara langsung pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 di wilayah hukum Polda Lampung, juga mengungkapkan pernyataan senada. 

“Perpanjangan masa penyekatan arus balik mudik ini menjadi bagian dalam Operasi Ketupat 2021 di wilayah hukum Polda Lampung, sebagai bagian dalam upaya bersama menekan penyebaran covid-19” ujarnya.

Di lain kesempatan Tim Kompolnas yang diwakili oleh Komisioner Kompolnas RI Albertus Wahyurudhanto dan Yusuf Warsyim, turut memantau Operasi Ketupat 2021 serta pos-pos penyekatan yang ada di wilayah Polda Sumut, pada Senin 17 Mei 2021.

Yusuf Warsyim pun menilai pelaksanaan kebijakan penyekatan arus  mudik dan arus balik yang diterapkan oleh Polda Sumut berjalan lancar. Di pihak lain masyarakat pun memahami maksud dan tujuan kebijakan tersebut.

“Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat,” tegas Yusuf.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadhil Imran juga mengimbau kepada masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya agar tetap mematuhi kebijakan yang telah diterapkan.

"Masih ada waktu dua minggu ke depan hingga akhir Mei ini, dan dua minggu selanjutnya hingga pertengahan Juni. Kita tetap waspada, itu arahan saya kepada seluruh bhabinkamtibmas'" terang Fadhil

Kewaspadan yang dimaksud Fadhil adalah, penekanan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar turun ke lapangan dan melakukan deteksi dan monitoring, sehingga terhadap setiap kasus dapat segera dilakukan langkah optimal.