Kompolnas Dorong Polri Bangun Pusat Sampel DNA

Kompolnas Dorong Polri Bangun Pusat Sampel DNA

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong Polri untuk membangun pusat pangkalan data (database) sampel informasi genetik atau DNA.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto saat konferensi pers  melalui daring mengenai penanganan kekerasan seksual di Pondok Pesantren Shidiqiyah Jombang, Kamis (6/1/2022).

Benny mengatakan pembangunan pusat data DNA tersebut bertujuan untuk mempermudah mengungkap kasus kekerasan seksual anak dan perempuan.

"Mari kita dukung Polri membangun database DNA," kata Benny.

Benny menjelaskan, dengan dibangunnya database DNA, sampel-sampel DNA yang ditemukan di tempat kejadian perkara, dapat diambil kembali walaupun sudah bertahun-tahun.

Benny menyebutkan, di luar negeri dapat mengungkap kasus yang sudah terjadi lebih dari 10 tahun dengan menggunakan database DNA.

Selain itu, Benny mengapresiasi rencana unit pelayanan perempuan dan anak yang akan ditingkatkan statusnya menjadi direktorat. Dengan begitu, penyelidikan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat diselesaikan lebih cepat.

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah yang responsif menanggapi naiknya kasus kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan selama pandemi COVID-19.

"Adanya rencana peningkatan status tersebut diharapkan penyelesaian kasus lebih profesional," ujar Benny.

Meski demikian, Benny tidak menyangkal selama ini masih ada petugas yang kurang cakap atau tidak kompeten dalam menangani kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak. Hal itu bisa jadi dikarenakan mereka belum mengikuti pelatihan atau kursus dan sebagainya.

"Akibatnya, penanganan menjadi tidak maksimal," pungkasnya.

Terakhir, ia juga mengapresiasi kerja Komnas Perempuan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Ombudsman RI, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam membantu mengusut dan mengawal kasus kekerasan seksual yang terjadi di Pondok Pesantren Shidiqiyah Jombang, Jawa Timur. [kd/zf]