Kompolnas Dorong Polisi Usut Tuntas Jaringan Human Trafficking di Kepulauan Riau

Kompolnas Dorong Polisi Usut Tuntas Jaringan Human Trafficking di Kepulauan Riau

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi jajaran penyidik Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepulauan Riau (Kepri) yang telah berhasil menangkap para pelaku tindak pidana perdagangan manusia.
“Pada prinsipnya Kompolnas memberikan apresiasi kepada jajaran penyidik Subdit IV, Dit Reskrimum Polda Kepri yang telah menangkap tersangka tindak pidana perdagangan manusia yang terjadi di wilayah hukum Polda Kepri,”ucap anggota Kompolnas Yusuf Warsyim, S.Ag., M.H., Selasa (3/8/2021).
Yusuf menyampaikan, Kompolnas juga meminta dan berharap agar kasus perdagangan orang tersebut segera dituntaskan secara profesional oleh penyidik Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri sekaligus mengungkap dan menangkap jaringan perdagangan manusia di wilayah Kepri.
“Di sisi lain, kita juga sangat prihatin bahwa kejahatan perdagangan manusia masih kerap terjadi, terlebih-lebih korbannya wanita. Apalagi modus kejahatan tersebut dilakukan dengan bentuk lowongan pekerjaan dan dengan kontrak pekerjaan yang tidak sesuai dengan hukum. Tentu ini sangat meresahkan masyarakat. Dalam hal ini, kita berharap Polda Kepri dapat mengungkap dan menindak modus kejatahan perdagangan manusia seefektif mungkin,” harapnya.
Yusuf menghimbau, kepada masyarakat agar tetap waspada dengan modus kejahatan perdagangan manusia, apalagi kalau itu modusnya dengan iklan lowongan pekerjaan di media sosial.
“Selaku lembaga fungsional pengawas ekternal Polri, Kompolnas perlu dihimbau kepada mayarakat agar tidak mudah percaya begitu saja dengan informasi dan tawaran yang sangat menggiurkan melalui lowongan pekerjaan. Bagi masyarakat apabila mencurigai adanya informasi yang tidak masuk akal yang beredar di media sosial atau sarana media internet lainnya dapat segera melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian,” himbaunya. []