Kompolnas dan Komjak Duduk Bareng Dalam Upaya Meningkatkan Sinergi Penanganan Pengaduan Masyarakat

Kompolnas dan Komjak Duduk Bareng Dalam Upaya Meningkatkan Sinergi Penanganan Pengaduan Masyarakat

Jakarta - Dalam rangka menyamakan persepsi dan meningkatkan koordinasi dalam percepatan penanganan saran dan keluhan masyarakat, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melaksanakan dialog dan konsultasi dengan Komisi Kejaksaan (Komjak) RI, pada Selasa (15/6/2021), di Gedung Komjak, Jakarta.

Dari Kompolnas hadir Komisioner Benny Jozua Mamoto, S.H. dan Yusuf S.Ag., M.H., didampingi Kepala Bagian Dukungan Teknis  Sekretariat Kompolnas serta staf lainnya.

Kedatangan Kompolnas disambut oleh Ketua Komjak yaitu Dr. Barita Simanjuntak, S.H., M.H., CFrA. didampingi enam Komisioner Komjak. Turut bergabung juga dalam pertemuan tersebut melalui daring dua Komisioner Komjak lainnya yaitu, Andi Nurlinah, SH., MH dan Sri Harjati P, SH., MM.

“Kami mengapresiasi atas terselenggaranya pertemuan ini. Kami berharap Kompolnas dan Komjak dapat meningkatkan sinergi dalam upaya meningkatkan kerja sama, khususnya di bidang penanganan pengaduan masyarakat,” ujar Benny.

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa di dalam penanganan saran dan keluhan masyarakat, Komjak memiliki alat kelengkapan berupa Kelompok Kerja (Pokja). Pokja tersebut memiliki tugas utama menelaah dan menindaklanjuti aduan masyarakat yang diterima oleh Komjak. Selanjutnya hasil telaah tersebut, dipresentasikan Pokja di dalam Rapat Pleno Komisioner Komjak.

“Jadi di dalam penanganan pengaduan masyarakat oleh Komjak, melibatkan peran Pokja yang secara khusus melakukan telaah dan kajian terhadap setiap pengaduan masyarakat,” jelas Barita.

Dari hasil dialog dan konsultasi tersebut, kedua lembaga menyatakan bahwa pengaduan masyarakat yang terbanyaknya berasal melalui pengiriman via pos. Terkait dengan hal tersebut, Kompolnas dan Komjak memiliki persepsi yang sama untuk meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat secara online, guna meningkatkan efektivitas pelayanan mengikuti perkembangan teknologi.

Dijelaskan pula oleh Barita, pada dasarnya Komjak telah menggagas upaya peningkatan pelayanan publik khususnya berkaitan dengan penanganan pengaduan masyarakat. Gagasan tersebut telah disampaikan Komjak pada pertemuan lembaga-lembaga pengawas eksternal.

”Komjak siap melanjutkan dan memfasilitasi pertemuan berikutnya. Pertemuan tersebut melibatkan lembaga-lembaga pengawas eksternal non struktural dalam upaya membangun standar yang sama dalam penanganan pengaduan masyarakat,” ujar Barita.

Kompolnas dan Komjak bermaksud bekerja sama untuk melakukan kajian. Adapun usulan materi kajian adalah seputar narkotika dan pornografi, namun kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk mengganti/menambah topik kajian.