Kompolnas dan Divisi Humas Polri Menggelar Rapat Persiapan Lomba Orasi 2021

Kompolnas dan Divisi Humas Polri Menggelar Rapat Persiapan Lomba Orasi 2021

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bersama Divisi Humas Polri menggelar rapat terkait persiapan Lomba Orasi 2021 pada Senin (22/11/2021). Lomba tersebut nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2021.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo serta dihadiri oleh para Karo Divhumas Polri, Ketua Seksi Panitia Lomba Orasi 2021, Irjen Pol. Merdisyam dari BIK, serta perwakilan dari Kompolnas yaitu Ketua Harian Kompolnas Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si., dan Poengky Indarti selaku juru bicara Kompolnas.

kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia. Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo menyampaikan, dengan diadakannya lomba tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyrakat dalam memberikan kritik kepada Polri. Lomba tersebut juga sebagai tindak lanjut dari giat Mural Festival yang mendapatkan apresiasi sangat baik dari masyarakat.

“Ajang ini ditujukan sebagai wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” ujar Dedi.

Dikesempatan yang sama, Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto mengatakan, Lomba Orasi tersebut dinilai sudah tepat sasaran. Benny mengharapkan, ajang tersebut bisa mengajarkan masyarakat berorasi yang bertanggung jawab.

“Kami menilai Lomba Orasi ini sudah tepat waktu dan tepat sasaran. Diharapkan masyarakat dapat berekspresi secara bebas menyampaikan orasinya tanpa lepas dari tanggung jawab,” ungkap Benny.

Kegiatan tersebut merupakan komitmen dari Polri untuk menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia. Hal itu sebagaimana dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

Sebagai informasi, pendaftaran lomba sendiri dimulai sejak tanggal 25 November 2021 sampai 30 November 2021. Setelah melewati proses penyaringan di tingkat Polda, nantinya pada tanggal 10 Desember peserta yang juara 1 di daerah akan tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri.[kp]