Kompolnas Bersama Kapolda Kaltim Bahas Kesiapan SDM, Sarpras, dan Anggaran Pengamanan Pembangunan IKN

Kompolnas Bersama Kapolda Kaltim Bahas Kesiapan SDM, Sarpras, dan Anggaran Pengamanan Pembangunan IKN

Balikpapan – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Polda Kaltim dalam rangka pelaksanaan tugas pengumpulan data SDM, Sarana dan Prasarana, serta Anggaran Polri pada Polda Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan full selama tiga hari, tanggal 20 - 22 Juni 2022.

Bertempat di Aula Mahakam Polda Kaltim, Ketua Tim Kompolnas H. Mohammad Dawam, SHI., MH, diterima langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Kaltim. Kedua belah pihak terlibat dalam diskusi intensif berkenaan dengan situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta berbagai hal terkait dengan persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Khusus mengenai persiapan pembangunan IKN tersebut, Kapolda Kaltim memaparkan kepada Tim Kompolnas tentang kebutuhan kekuatan ideal personil Polri yang dibutuhkan dalam rangka pengamanan. Dalam kesempatan yang sama Kapolda juga memaparkan tentang potensi positif kewilayahan, pembangunan gedung Sekolah Polisi Negara (SPN), Rumah Sakit Polri, pembangunan gedung Mabes Polri, penambahan Satuan Kerja Polri setingkat Polrestabes IKN, penambahan dua Polsek IKN, Command Center (Kantor Pusat Komando), dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu instrumen penyusunan Arah Kebijakan Polri berbasis data, kajian, dan praktik di Lapangan”, jelas Dawam.

Dalam keterangan lebih lanjut, Dawam juga menjelaskan, penyusunan Arah Kebijakan Polri yang menjadi salah satu tugas Kompolnas, sangat bergantung pada informasi dan keterangan yang diperoleh melalui kegiatan pengumpulan data sebagaimana tersebut di atas.

Dalam kegiatan pengumpulan data di wilayah Polda Kaltim ini, Kompolnas secara khusus melaksanakan focus group discussion (FGD) tentang SDM, Sarana dan prasarana, serta anggaran Polri di Polda Kaltim, dengan melibatkan para pemangku tugas yaitu Karo SDM Kombes Pol. Ari Wibowo, S.I.K., M.H, Karo Rena Kombes Pol. Bambang Syafrianto, S.I.K., dan Karo Log Kombes Pol. Parlindungan Silitonga, S.I.K., M.M. Kompolnas juga berdiskusi juga dengan Dir. Binmas Kombes Pol. Anggie Yulianto Putro, S.H., S.I.K., M.H., CPHR untuk memperoleh data dan informasi pada saat mengunjungi spot IKN.

“Kegiatan pengumpulan data tentang potensi Polri secara terencana akan terus dilakukan Kompolnas secara simultan, terukur dan sistemik”, ujar Dawam.

Di dalam unggahan pada laman facebook pribadinya, Dawam menjabarkan beberapa kendala, beberapa harapan dan antisipasi yang kiranya perlu dilakukan secara presisi mengingat Wilayah Kalimantan Timur dalam Proyeksi kedepan dijadikan icon Nusantara sebagai pusat Ibu Kota Indonesia,

Berbagai komponen diharapkan betul saling bekerjasama, berkolaborasi, berkesinambungan dalam Pembangunan  Nasional dan tentu Keamanan Dalam Negeri menjadi urgent untuk terus dijaga oleh semua elemen anak bangsa.

Tentu semuanya berharap rahmat dan ridhaNya, Gusti Allah, Tuhan Semesta Alam, semoga Pembangunan IKN ini berjalan dengan baik, sukses dan bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Pembangunan IKN ini juga menjadi fokus perhatian Bapak Presiden Joko Widodo yang juga pada tanggal 22 Juni 2022 ini mengunjungi lokasi IKN untuk memantau pembangunan secara langsung. Semoga Kunjungan Kerja kami di Wilayah Hukum Polda Kalimantan Timur ini yang sekaligus adalah salah satu Polda yang menjadi obyek Koordinasi Kewilayahan saya sebagai Anggota Kompolnas, bisa bermanfaat bagi Indonesia. Salam Presisi Tutup Dawam.


Pelaksanaan klarifikasi saran dan keluhan masyarakat (SKM) tentang kinerja Polda Kaltim dan Polres jajaran oleh Kompolnas bersama Irwasda dan Penyidik Polda Kaltim.


Dalam kunjungan kerja tersebut, tim Kompolnas juga melaksanakan kegiatan klarifikasi tentang keluhan masyarakat yang disampaikan kepada Kompolnas tentang kinerja Polda Kaltim beserta jajarannya.

Keseriusan Kapolda Kaltim dalam mensikapi pengaduan masyarakat terebut terlihat dengan ditugaskannya pejabat pemangku urusan pengawasan internal, yakni Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefri Torunde, S.I.K., M.H, untuk menuntaskan berbagai persoalan yang dikeluhkan masyarakat.

“Kami sangat bersyukur Polda Kaltim sangat terbuka dalam memberikan keterangan dan jawaban berkenaan dengan keluhan masyarakat. Semuanya (keluhan masyarakat tersebut-red) menyangkut kinerja reserse”, terang Dawam.

Untuk memperoleh keterangan yang memadai berkenaan dengan keluhan masyarakat tersebut, Jefri juga didampingi oleh Dirreskrimum Kombes Pol. Kristiaji, S.I.K., Dirreskrimsus Kombes Pol. Indra Lutrianto Amstono, S.H., M.Si, serta Dirnarkoba Kombes Pol. Rickynaldo Chairul, S.I.K., M.M., M.Han.