Kompolnas Berikan Penghargaan Kepada Kapolres Tangerang Selatan

Kompolnas Berikan Penghargaan Kepada Kapolres Tangerang Selatan

Serpong, Tangerang Selatan - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang dipimpin Ketua Harian Dr. Benny Jozua Mamoto, SH., M.Si melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (10/11/2021).

Tujuan utama kunjungan kerja Kompolnas ini dalam rangka memberikan piagam penghargaan kepada Kapolres Tangsel atas berbagai inovasi dan terobosan yang produktif bagi peningkatan citra Polri, seperti memberdayakan kaum difabel di lingkungan kantor polisi, pembenahan manajeman rumah tahanan, dan pendekatan dialogis kepada kalangan mahasiswa.

“Berdasarkan terobosan dan inovasi tersebut, kami melapor kepada Menko Polhukam yang juga Ketua Kompolnas untuk memberikan penghargaan kepada Kapolres Tangsel”, ujar Benny sesaat sebelum menyerahkan piagam penghargaan Kompolnas.

Tampak hadir dalam perhelatan tersebut Kepala Sekretariat Kompolnas Musa Tampubolon, SH., SIK., M.Si serta jajaran Forkopimda yaitu Walikota Tangsel Drs. H. Benyamin Davnie, Komandan Kodim 0506 Tangerang Kolonel Inf. Bambang Hery Tugiyono, Ketua DPRD Kota Tangsel H. Abdul Rasyid, S.Ag, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang  H. Minanoer Rachman SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan Aliansyah, SH.,MH.

Hadir pula dalam acara penyerahan piagam penghargaan oleh Ketua Harian Kompolnas tersebut, para Pejabat Utama Polres Tangsel serta para Kapolsek jajaran.

Dalam sambutannya Benny menuturkan, salah satu wewenang Kompolnas adalah melakukan pemantauan terhadap kinerja Polri untuk membangun profesionalisme dan kemandirian Polri.

“Kami berkeliling memantau kinerja Satuan Kewilayahan Polri. Kami menemukan ada yang lain di sini. Salah satunya prekrutan kalangan difabel. Kami juga meninjau ruang tahanan dan berdialog dengan para tahanan. Mereka mengaku “betah” karena runagnnya pakai AC dan jatah makanannya enak’, kata Benny.

Benny juga mengapresiasi sikap humanis yang dibudayakan oleh Kapolres Tangsel yang mengedepankan pendekatan dialogis kepada para mahasiswa. Menurut Benny, pendekatan dialogis ke kantong-kantong mahasiswa di wilayah Tangerang Selatan tersebut, efektif mencegah para mahasiswa turun ke jalan karena mereka menemukan wadah penyampaian aspirasi dan tuntutan mereka.

Pada bagian lain, Benny menghimbau Polres Tangsel beserta jajaran untuk berupaya beradabtasi dengan tuntutan zaman seiring perkembangan teknologi saat ini. Menurutnya, di era 4.0 dewasa ini, masyarakat berharap mendapatkan pelayanan yang cepat dan memuaskan. Berbagai peristiwa yang viral tentang Polri akhir-akhir ini, membuktikan tuntutan masyarakat demikian tinggi kepada Polri.

“Kepada adik-adik di Polres Tangsel ini, hindarilah tindakan-tindakan yang tidak produktif bagi upaya peningkatan citra Polri. Sebab kamera ada di mana-mana. Mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita harus mampu beradaptasi terhadap dinamika yang terjadi demikian cepat di tengah kehidupan masyarakat”, ujar Benny berpesan.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Tangsel AKBP DR. Iman Imanuddin, SH., MH, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada tim Kompolnas dan para undangan yang hadir.

“Kedatanga Bapak dan Ibu Anggota Kompolnas membawa semangat yang memompa spirit kami dalam melaksanakan tugas,” ujar Iman.

Dikatakan Iman, mengetahui rencana Kompolnas untuk memberikan penghargaan kepada Polres Tangsel, membuat dirinya bertanya-tanya seakan dirinya telah berbuat lebih baik. Padahal, lanjutnya, apa yang dilakukan selama ini semata-mata merupakan pelaksanaan kewajiban yang diembankan kepada jajaran Polres Tangsel untuk meningkatkan kerjasama Polri dan masyarakat Tangsel.

“(Penghargaan-red) ini menjadi buster yang motivasi kami untuk lebih meningkatkan kinerja di masa datang. Kami tetap memohon arahan dan teguran agar kami dapat lebih maksimal melaksanakan tugas”, ujarnya.

Iman menegaskan, kalaupun apa yang telah dilaksanakannya selaku Kappolres Tangsel dianggap sebagai sebuah prestasi, hal itu tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak seperti Pemda Tangsel, Dandim, Kejari, dan seluruh forkopimda dalam melaksanakan tugas-tugas pemeliharaan kondusifitas sosial.

“Ini prestasi kita semua. Selaku Kapolres Tangsel, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membangun dan membina kerjasama untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Iman.[hs]