Kompolnas Berharap Ada Polisi Wanita, Polisi di Daerah Konflik, dan Polisi di Daerah Perbatasan Negara Hadir di Hoegeng Awards 2022

Kompolnas Berharap Ada Polisi Wanita, Polisi di Daerah Konflik, dan Polisi di Daerah Perbatasan Negara Hadir di Hoegeng Awards 2022

JAKARTA – Hoegeng Awards 2022 telah berjalan 2 pekan. Hoegeng Awards diselenggarakan dengan harapan munculnya anggota polisi yang bisa menjadi teladan di internal kepolisian dan dekat dengan masyarakat.

 Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi adanya program Hoegeng Awards 2022 ini. Jubir Kompolnas Poengky Indarti mengharapkan akan ada sosok-sosok polisi wanita (polwan) yang muncul dan eksistensinya diakui dalam Hoegeng Awards 2022 ini.

"Kami berharap dengan adanya awards ini muncul sosok-sosok polwan yang juga dinilai atau dicintai oleh masyarakat dan mereka sudah berprestasi, sudah menunjukkan profesionalitas yang baik, melayani masyarakat dengan baik, sehingga nama mereka juga akan diusulkan untuk masuk ke dalam Hoegeng Awards," tambahnya.

"Kami berharap para polwan itu nantinya eksistensinya juga diakui. Mereka sama dengan kawan mereka yang laki-laki, bahkan ada di antara polwan-polwan itu prestasinya lebih baik gitu ya, kinerjanya jauh lebih baik, profesionalitasnya juga jauh lebih baik," kata Poengky, Jumat (1/4/2022).

Poengky menilai, pentingnya kehadiran sosok polwan yang berintegritas, berdedikasi, dan inovatif. Oleh karena saat ini, polwan hanya 5,8 persen dari jumlah total 450 ribu polisi di Indonesia.

"Nah, dengan masuknya polwan di sini untuk diharapkan bisa menjadi salah satu pemenang Hoegeng Awards. Kita berharap citra polwan akan semakin rangkap, semangat bagi kawan-kawan polwan. Karena mereka juga sudah dihargai oleh publik, ini juga akan semakin mendorong profesionalitas polwan meningkat," ucapnya.

Tidak polwan, Poengky juga ingin polisi-polisi di daerah konflik bisa masuk nominasi Hoegeng Awards 2022. Menurut Poengky, polisi di wilayah konflik itu juga banyak yang bertugas secara profesional dalam melindungi masyarakat.

"Karena saya yakin kawan-kawan yang bertugas di daerah konflik itu di antara mereka juga mampu banyak yang mengambil hati masyarakat dengan berbagai cara mereka. Mereka berani bertugas di daerah konflik untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai polisi yang melayani, mengayomi, melindungi masyarakat, dan menegakkan hukum," jelasnya.

Selain itu, Poengky juga ingin Hoegeng Awards 2022 dapat menjaring polisi-polisi terbaik yang bertugas di daerah terpencil di perbatasan RI dengan negara tetangga. Poengky menilai banyak juga polisi di daerah terpencil yang berintegritas, berdedikasi, dan inovatif.

"Banyak inisiatif dari polisi-polisi yang ada di perbatasan tertantang untuk bekerja dengan ekstra. Dengan segala keterbatasan, mereka mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Mereka mampu menunjukkan profesionalitas, dan kemudian prestasinya di mata publik," tambahnya. []