Kompolnas Apresiasi Upaya Konkrit Panglima TNI dan Kapolri Pantau Vaksinasi Massal

Kompolnas Apresiasi Upaya Konkrit Panglima TNI dan Kapolri Pantau Vaksinasi Massal

Jakarta - Kehadiran Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal di beberapa wilayah di Indonesia mendapat apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Demikian disampaikan Anggota Kompolnas Mohammad Dawam dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021). Dia menuturkan, kegiatan pemantauan vaksinasi oleh Panglima TNI dan Kapolri di  beberapa tempat menunjukkan:

Pertama, komitmen kuat kedua pimpinan lembaga Negara ini dalam bidang pertahanan dan keamanan dalam negeri.

Kedua, negara hadir dengan amat serius dalam ikhtiar percepatan penanganan untuk memutus penyebaran covid-19 dengan melakukan langkah-langkah dan upaya konkrit berupa vaksinasi massal.

“Oleh karenanya saya berharap, langkah serupa terus ditindaklanjuti oleh berbagai kelompok masyarakat maupun kelompok keagamaan, tak terkecuali Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dalam rangka memperkuat kekebalan komunitas di Tanah Air. Oleh karenanya, mudah-mudahan tindak lanjut sampai menjangkau ke seluruh pelosok daerah di Indonesia,”kata Dawam.

Anggota Kompolnas yang biasa disapa dangan sebutan Gus Dawam ini, juga mengapresiasi tinggi atas ketulusan yang dilakukan Panglima TNI dan Kapolri tersebut; dan sekaligus mengajak kepada seluruh komponen bangsa: lintas agama, lintas profesi, dan lintas generasi untuk turut mensukseskan agenda vaksinasi massal tersebut sebagai bentuk ikhtiar manusia dalam menghadapi situasi kesehatan mutakhir saat ini.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Panglima TNI dan Kapolri menunjukkan negara benar-benar hadir untuk berusaha maksimal memproteksi kesehatan warganya sekaligus menjalankan fungsi yang sesuai dengan salah satu prinsip dasar agama: maqaashidus syari’ah, yakni menjaga nyawa dari masing-masing individu bangsa, hifdzul nafs.

“Oleh karena, negara telah memerankan satu fungsi prinsip dasar agama, hifdzul nafs. Saya juga mengajak kepada segenap elemen bangsa untuk selalu berdoa, bersimpuh, dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga wabah pandemi di Indonesia khususnya, dan di dunia pada umumnya semakin mereda, menurun, dan selanjutnya segera pulih kembali sebagaimana kondisi normal sebelumnya,” ujarnya. []